Share

Unik! Tradisi Ayah Menyusui Bayi dalam Budaya Suku Aka Republik Kongo

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Rabu 03 Agustus 2022 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 02 406 2640743 unik-tradisi-ayah-menyusui-bayi-dalam-budaya-suku-aka-republik-kongo-NTiYjNC3x6.JPG Pria suku Aka di Kongo bersama anaknya (Foto talkafricana.com)

ADA tradisi ayah menyusui bayi di budaya suku Aka Republik Kongo. Lazimnya yang menyusui bayi adalah ibu, tapi bagi masyarakat Aka peran itu juga dilakukan oleh ayah.

Tentu saja ayah tak punya ASI alias air susu. Namun, para ayah suku Aka Pygmy tetap membiarkan puting payudaranya diisap oleh bayi untuk menenangkan sang buah hati.

Dikutip dari Fatherly, seorang antropolog asal Amerika Serikat, Barry Hewlett menemukan tradisi unik itu di antara masyarakat suku Aka Pygmy setelah memutuskan untuk tinggal bersama di sana.

Suku yang hidup dalam hutan hujan rimbun di Gabon, Kongo, dan Kamerun ini para ayah tak hanya ikut menyusui anaknya melainkan juga turut mengambil peran dalam membesarkan anak-anaknya. Bahkan, diketahui jika anak menjadi poin utama bagi suku ini.

Berdasarkan data yang dikumpulkan Hewlett selama 20 tahun, ia menunjukkan bahwa 47 persen waktu yang dimiliki para ayah di suku Aka dihabiskan untuk merawat bayinya.

Meski begitu, Hewlett mengungkapkan bila kebiasaan unik suku Aka ini tidak begitu mengejutkan mengingat ini menyangkut pola asuh egaliter (persamaan) gender yang pernah dipelajarinya.

Sehingga, peran ayah di suku Aka lebih dari sekadar ayah. Sementara para wanita melakukan tugas berburu, anak-anak umumnya dipercayakan kepada ayahnya.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Para pria suku ini juga terbiasa memasak dan para wanita akan mendirikan kamp berikutnya.

"Ada pembagian yang menarik sehingga ayah terbiasa berperan sebagai ibu tanpa merasa beban atau stigma. Itu sebabnya ayah Aka kerap disebut ayah terbaik di dunia," kata Hewlett mengutip dari The Guardian.

Di dalam masyarakat Aka kedekatan fisik dengan anak menjadi hal yang sangat penting. Bayi-bayi di suku Aka ini diketahui selalu dekat dengan orang tua atau orang yang mengasuhnya.

ilustrasi

Selain itu, para ayah dan ibu di suku ini juga tidak akan meninggalkan bayi mereka sendirian, walaupun sedang tidur. Bahkan, sang bayi tampak selalu digendong atau dipeluk oleh orang tuanya sepanjang waktu.

Demikian penjelasan mengenai tradisi ayah menyusui di budaya suku Aka Republik Kongo yang unik dan wajib diketahui.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini