Share

5 Tradisi Cari Jodoh Terunik di Indonesia, Bertarung dengan Tangan Kosong hingga Ciuman Massal

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 02 406 2640843 5-tradisi-cari-jodoh-terunik-di-indonesia-bertarung-dengan-tangan-kosong-hingga-ciuman-massal-xXRXaeTOfc.jpg Omed-omedan, tradisi ciuman massal di Bali (Balibaswara)

TERDAPAT 5 tradisi cari jodoh terunik di Indonesia dan masih dipraktikkan sampai kini. Banyak orang beragama percaya bahwa jodoh di tangan Tuhan. Tapi, tentu saja manusia wajib berikhtiar untuk mendapatkan yang terbaik.

Setiap manusia tentu ingin memiliki pendamping hidup. Namun, mencari yang sesuai kriteria mungkin tidaklah mudah. Butuh usaha ekstra dan memantaskan diri dulu.

Di Indonesia, ada beberapa tradisi unik dalam mencari jodoh. Hal ini masih dipraktikkan oleh suku-suku di Tanah Air. Apa saja?

 BACA JUGA:4 Tradisi Adat Istiadat di Tana Toraja yang Masih Bertahan hingga Kini

5 Tradisi Cari Jodoh Terunik di Indonesia

1. Tradisi Berempuk asli Sumbawa

Dalam tradisi cari jodoh di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, lelaki harus bertarung dulu. Sebelum bertarung, pria Sumbawa akan berkumpul dan setiap dua orang akan melakukan pertarungan dalam tiga ronde.

Mereka bertarung dengan tangan kosong agar banyak yang menonton, terutama wanita lajang. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian mereka. Sayangnya, terkadang ada perkelahian lanjutan walau acara sudah selesai.

Meski cukup ekstrem, namun tradisi ini masih hidup sampai sekarang.

2. Gredoan, Banyuwangi

Banyuwangi, Jawa Timur punya tradisi mencari jodoh bernama Gredoan. Tradisi tersebut dilakukan setiap malam bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Gredoan memiliki arti menggoda. Pesertanya adalah pria atau wanita yang masih lajang. Di malam tersebut, para pria lajang akan menyambangi rumah gadis yang mereka suka untuk menyelipkan lidi lewat dinding rumah yang terbuat dari bambu.

 BACA JUGA:8 Ritual Mistis Para Pemain Basket Dunia, Usap Wajah hingga Pakai Celana Lawan

Jika si gadis menolak, lidi tersebut akan dipatahkan. Namun jika si gadis menerima, lidi tersebut akan dibentuk menyerupai daun waru. Setelah itu mereka akan saling ngobrol dan merayu, namun dibatasi dinding bambu. Jika serius, mereka akan melanjutkannya ke pelaminan.

3. Tarian Emaida Yibu, Papua

Papua punya Tarian Emaida Yibu atau tarian dalam rumah adat. Biasanya tarian ini dilakukan oleh Suku Mee yang akan membangun rumah dari kayu dan bambu.

Nantinya, para pria dan wanita akan menari-nari di dalam rumah tersebut. Dalam tarian ini, mereka akan saling menarik perhatian lawan jenis sampai menemukan tambatan hati.

4. Kabuenga, Wakatobi

Tradisi ini mempertemukan pria dan wanita yang sudah akil baligh atau dewasa dalam sebuah kegiatan jual beli. Kabuenga sudah ada sejak Kerajaan Buton. Awal mulanya adalah karena banyaknya pemuda yang merantau dan jarang bertemu dengan gadis-gadis. Jadi melalui tradisi ini mereka akan saling ditemukan.

Prosesnya adalah dengan mempertemukan pria dan wanita dalam lapangan terbuka. Para wanita akan menjual liwo, makanan khas Wakatobi, dengan menggunakan pakaian adat dan konde.

Lalu, para pria akan datang dan diperbolehkan membeli dagangan para gadis. Proses perkenalan akan dimulai dari sini. Jika si pria serius, ia akan segera mendatangi kediaman sang gadis.

 ilustrasi

5. Omed-omedan, Bali

Bali mempunyai banyak tradisi khas yang unik. Salah satunya omed-omedan atau ciuman masal. Tradisi ini sudah ada sejak zaman Belanda dan diikuti oleh pria maupun wanita atau sekaha teruna teruni dengan usia 17-30 tahun yang masih single.

Tradisi dimulai dengan sembahyang terlebih dahulu, setelah itu peserta akan membentuk dua kelompk, yaitu kelompok pria dan kelompok wanita. Setelah itu, tiap kelompok akan menujuk perwakilan.

Saat panitia meniupkan peluit tanda acara di mulai, dua kelompok tersebut akan mendorong wakilnya sampai mereka bertemu, berpelukan, dan berciuman.

Jika para wakil tidak tertarik, mereka akan menghindar. Sebaliknya bagi yang suka.

Itulah 5 Tradisi cari jodoh terunik di Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini