Share

Jakarta Gelar Pameran Perangko Internasional, Ada Koleksi Seharga Setengah Triliun!

Wiwie Heriyani, Jurnalis · Jum'at 05 Agustus 2022 01:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 406 2641720 jakarta-gelar-pameran-perangko-internasional-ada-koleksi-seharga-setengah-triliun-uw8RZYcslM.JPG Pameran perangko internasional digelar di Jakarta (Foto: Instagram/@posindonesia.ig)

PAMERAN perangko bertajuk 'World Stamp Championship Exhibition Indonesia 2022' resmi digelar mulai hari ini 4-9 Agustus 2022 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pameran yang digelar oleh Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) ini nantinya akan menghadirkan berbagai koleksi benda pos terlangka, bernilai tinggi, dan paling bersejarah, salah satunya prangko. Bahkan, ada beberapa perangko bernilai fantastis.

Ketua Panitia Pelaksana Pameran Filateli Indonesia, Mahpudi Sukirman mengatakan, pameran ini menjadi bentuk ungkapan syukur PFI dalam merayakan HUT ke-77 tahun proklamasi kemerdekaan Indonesia, serta bagian dari dukungan PFI bagi penyelenggaraan Konferensi G-20 di Indonesia tahun ini.

“Jadi pameran ini diikuti oleh 61 negara termasuk Indonesia, dengan mengikutsertakan 506 koleksi dengan total 2.084 frame. Nanti juga ada kegiatan lelang perangko untuk para pemburu koleksi perangko terbaik dan dapat mengikuti lelang yang digelar secara khusus,” ujar Mahpudi, kepada MNC Portal Indonesia.

Infografis Wisata Sejarah di Indonesia

Filateli sendiri merupakan kegemaran mengoleksi perangko dan sudah muncul sejak perangko diterbitkan. Para filatelis ini mengumpulkan, menyusun, hingga menata menjadi sebuah koleksi yang dapat dipamerkan.

Pameran filateli menjadi ajang bagi para filatelis memperlihatkan koleksinya agar mendapat apresiasi luas, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Tak hanya menghadirkan berbagai koleksi perangko langka, dalam pameran filateli ini nantinya juga akan menghadirkan perangko dengan harga hingga setengah triliun.

“Ada perangko yang nilainya bisa sampai Rp500 miliar. Perangko tersebut berasal dari Eropa, kemungkinan dari Peru atau Jerman, saya lupa persisnya,” kata OC Bidang Media, Informasi, dan Publikasi, Nana Sukmana melalui sambungan telepon.

Nana mengaku, harga tersebut diketahui darinya dari Sekjen PFI Gita Noviandi. Selain perangko dari Eropa, ada juga perangko dari Indonesia yang harganya hingga puluhan bahkan ratusan juta.

Meski begitu, selain perangko-perangko langka yang sangat mahal, ada juga perangko seharga ratusan ribu yang juga akan dihadirkan di sejumlah booth dalam pameran tersebut.

Nana menyebut, harga pada perangko yang akan dihadirkan tentunya memiliki varietas harga yang cukup beragam, tergantung dari kelangkaan dan juga sejarah pada prangko tersebut.

“Jadi, tingkat kemahalan perangko tergantung dari cerita di baliknya atau sejarah dari perangko itu sendiri, semakin lama, semakin langka, biasanya semakin mahal,” terangnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini