Share

Semarakkan HUT Ke-77 RI, Kemenparekraf Ajak Jelajah 77 Destinasi Wisata di Indonesia

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2022 19:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 406 2642245 semarakkan-hut-ke-77-ri-kemenparekraf-ajak-jelajah-77-destinasi-wisata-di-indonesia-tUUBSARIOp.png Peluncuran kampanye Jelajah Serunya Indonesia (MPI/Intan)

DESTINASI wisata Indonesia memang tak ada habisnya. Keindahan alam yang disuguhkan dari Sabang sampai Merauke pun sungguh cantik, tak kalah menarik dengan destinasi di luar negeri.

Tak heran jika kini konten tentang destinasi wisata dan traveling menjadi salah satu kategori yang paling diminati di media sosial, salah satunya di TikTok. Tentunya pertumbuhan ini tak lepas dari kontribusi para kreator dan komunitas yang secara aktif membagikan rekomendasi kuliner khas nusantara, wisata daerah yang terkenal, hingga rekomendasi wisata baru sebagai "hidden gem" di akun mereka.

 BACA JUGA:Dukung Tim ESport Indonesia Berlaga di Riyadh, Kemenparekraf: Kesempatan Promosi

Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI yang ke-77, TikTok meluncurkan kampanye selama satu bulan penuh bertajuk #SerunyaIndonesia. Tak sendirian, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta online travel agent (OTA) tiket.com pun turut ikut berkolaborasi dalam mengeksplorasi 77 destinasi wisata di Indonesia lewat kampanye Jelajah #SerunyaIndonesia.

Menurut Firnandi Gufron selaku Plh. Direktur Komunikasi Pemasaran, media sosial kini memang tak hanya menjadi sumber inspirasi, tapi juga sumber pemesanan dan pembelian barang atau jasa. Dan menariknya, hal ini turut berdampak dalam bidang pariwisata.

"Ketika user terpapar konten menarik di TikTok bisa langsung beli, datang ke sebuah destinasi wisata, yang kita sendiri sebelumnya tidak tahu. Makanya program ini sangat keren, kita bisa ekspos tempat-tempat yang belum kita tahu dan menggoda kita untuk pergi ke sana," kata Firnandi dalam konferensi pers Peluncuran Program "Jelajah #SerunyaIndonesia" Menuju Hari Kemerdekaan RI ke-77, Kamis (4/8/2022).

 korona

Tak hanya itu saja, lanjut Firnandi, liburan ke tempat wisata di Indonesia juga bisa membantu perekonomian warga. Bahkan, ini menjadi salah satu langkah kecil yang berdampak besar. Karena, secara tidak langsung, perjalanan ini dapat menghidupkan sejumlah keluarga.

"Bayangkan dengan satu perjalanan dapat menghidupi beberapa keluarga, mulai dari penyedia jasa, transportasi, sampai akomodasi. Jadi, act of kindness itu gak melulu bagi-bagi sembako," tambah Firnandi.

 BACA JUGA:Dukung G20, Kemenparekraf Gelar Event Wisata Kebugaran Internasional di Solo

Sandra Darmosumarto selaku Senior Public Relations Manager tiket.com pun senada dengan Firnandi. Ia berharap program ini dapat 'menggoda' masyarakat untuk liburan ke destinasi wisata Indonesia agar perekonomian Indonesia dapat ikut terdongkrak kedepannya.

"Semoga dengan adanya konten kreator yang berkunjung ke tempat-tempat wisata nanti bisa menaikan popularitas, sehingga masyarakat pun terinspirasi ke tempat tersebut," ujar Sandra.

Agung Pamungkas sendiri selaku Public Policy and Government Relations TikTok Indonesia mengaku jika program ini berangkat dari semangat yang cukup sederhana, tapi mulia. Katanya, setelah 2 tahun lamanya masyarakat 'diisolasi' oleh pandemi, sekarang adalah waktunya pariwisata Indonesia bangkit kembali.

Semangat ini pun selaras dengan tema besar Peringatan 77 Tahun Republik Indonesia, yakni Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. "Berangkat dari semangat tersebut, apalagi sebentar lagi Indonesia mau ulang tahun ke-77, kami mau fokus membangkitkan pariwisata Indonesia lewat konten-konten TikTok," ucap Agung .

Jelajah #SerunyaIndonesia ini bertujuan untuk mempromosikan dan membangkitkan wisata Indonesia melalui kekuatan live streaming TikTok LIVE bersama komunitas TikTok. Program ini akan dibagi menjadi empat grup jelajah dan melibatkan empat kreator Canny Claudia, Firly Adhyatma Rusli, Melani Amelia dan Nanda Setya Pratama Juanda yang kerap berbagi inspirasi destinasi wisata di TikTok.

Masing-masing grup akan melaksanakan penjelajahan selama 10 hari. Grup pertama akan memulai penjelajahan di Aceh dan berakhir di Pontianak, grup kedua dimulai dari Samarinda dan berakhir di Yogyakarta, grup ketiga dari Manado dan berakhir di Ambon, sementara grup keempat akan memulai jelajah dari Merauke dan berakhir di Bali. Setelah 10 hari penjelajahan berakhir, keempat grup akan kembali berkumpul merayakan Festival #SerunyaIndonesia di Jakarta.

 

Sejalan dengan prioritas Kemenparekraf, lima destinasi super prioritas yang mencakup Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Danau Toba di Sumatera Utara, dan Likupang di Sulawesi Utara pun akan menjadi bagian dari program Jelajah #SerunyaIndonesia ini.

Selain itu, TikTok juga akan menghadirkan program pemberdayaan UKM #MajuBarengTikTok untuk turut berkontribusi dalam pemulihan ekonomi, serta Festival #SerunyaIndonesia untuk merayakan 77 tahun kemerdekaan dalam keberagaman dan persatuan Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini