Share

Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia, Rekomendasi Destinasi Pendakian saat HUT Kemerdekaan RI

MNC Portal, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2022 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 408 2641699 daftar-gunung-tertinggi-di-indonesia-rekomendasi-destinasi-pendakian-saat-hut-kemerdekaan-ri-iXcpce5K5W.JPG Gunung Rinjani (Foto: Instagram/@joostlibeer)

DAFTAR gunung tertinggi di Indonesia rekomendasi pendakian saat HUT Kemerdekaan RI ini patut Anda pertimbangkan. Ya, rangkaian gunung yang ada di bumi Nusantara ialah salah satunya bentang alam karya Tuhan yang memukau.

Tak heran jika Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan puncak gunung tertinggi di dunia.

Maka beruntunglah Anda tinggal di Indonesia. Hidup di negara dengan bentang alam begitu indah serta keanekaragaman hayati yang melimpah.

Daripada penasaran, langsung saja simak 5 daftar gunung tertinggi di Indonesia, rekomendasi pendakian saat HUT Kemerdekaan RI.

5. Gunung Slamet (3.428 mdpl)

Gunung Slamet ialah gunung berapi kerucut dengan ketinggian sekitar 3.428 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Slamet yang berada di Jawa Tengah ini adalah salah satu gunung di Indonesia yang mempunyai kawah aktif.

Salah satu keistimewaan Gunung Slamet bagi para pendaki adalah jalurnya yang tertutup kabut. Menurut informasi, jalur pendakian gunung ini didominasi dengan batuan, kerikil, dan pasir yang membuat licin.

Infografis Gunung Tertinggi di Indonesia

4. Gunung Semeru (3.676 mdpl)

Gunung Semeru merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif dan paling tinggi di Pulau Jawa. Gunung dengan ketinggian 3.676 mdpl ini berada di dua wilayah, yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Gunung Semeru memiliki panorama yang indah dan dianggap sebagai tempat sakral bagi umat Hindu. Mereka meyakini, gunung Semeru merupakan tempat tinggal para dewa seperti Gunung Agung di Bali.

3. Gunung Rinjani (3.726 mdpl)

Gunung ini sangat populer dan sering dijuluki sebagai 'surga dunia' oleh para pendaki. Gunung Rinjani yang berada di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), memiliki puncak dengan ketinggian 3.726 mdpl.

Spot paling indah di kawasan Gunung Rinjani adalah danau kawah berwarna biru. Saat mendaki ada berbagai peraturan yang harus dipatuhi demi keselamatan diri dan lingkungan sekitar. Misalnya, dilarang memetik bunga edelweiss yang tumbuh liar di area gunung.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

2. Gunung Kerinci (3.805 mdpl)

Gunung ini terletak pada ketinggian sekitar 3.805 mdpl, berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, Jambi.

Gunung Kerinci adalah satu satu gunung api paling aktif yang termasuk dalam jenis stratovolcano atau cincin api pasifik dengan kedalam kawah puncak sekitar 600 meter.

Ketika mendaki, terhampar pemandangan Perkebunan Teh Kayu Aro, perkebunanteh tertua bekas zaman kolonial Belanda di sekitar kaki Gunung Kerinci. Ini menjadi daya tarik sendiri bagi para pendaki yang menyusuri Gunung Kerinci.

1. Puncak Jayawijaya (4.884 mdpl)

Nah, gunung ini memiliki ketinggian sekitar 4.884 mdpl dan merupakan salah satu dari 10 gunung tertinggi di Nusantara yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

Gunung Puncak Jayawijaya terletak di Kabupaten Puncak Jaya Papua yang sangat populer di kalangan pendaki lokal maupun mancanegara.

Puncak gunung ini punya keindahan yang luar biasa dan terdapat salju abadi sehingga sangat terkenal. Puncak gunung yang tertutup salju, satu-satunya gletser tropika di Indonesia, membuat siapapun merasa tertantang untuk mendakinya.

Itulah tadi 5 daftar gunung tertinggi di Indonesia, rekomendasi pendakian saat HUT Kemerdekaan RI. Kamu tertarik mendaki yang mana nih?

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini