Share

Jelajahi Museum Wayang Banyumas, Banyak Koleksi Wayang Umur Ratusan Tahun

INews.id, Jurnalis · Jum'at 05 Agustus 2022 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 408 2641805 jelajahi-museum-wayang-banyumas-banyak-koleksi-wayang-umur-ratusan-tahun-JYqQI60BbZ.jpg Ilustrasi wayang (freepik)

 PERNAHKAH Anda mengunjungi museum wayang yang ada di Banyumas? Di Museum Wayang Banyumas, ada berbagai wayang yang umurnya ratusan tahun.

Tak hanya satu jenis wayang, museum ini menyimpan koleksi wayang yang berasal dari sejumlah daerah yang berbeda di Jawa. Selain wayang, terdapat benda-benda bersejarah lainnya, seperti alat musik tradisional hingga benda pusaka.

Lantas, bagaimana asal muasal berdirinya museum tersebut? Bagaimana pula kondisinya saat ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. Museum Wayang Banyumas memiliki berbagai wayang yang umurnya ratusan tahun

Asal usul

Beberapa dekade yang lalu, Gubernur Jawa Tengah (periode 1974-1982), Soepardjo Rustam berkeinginan untuk mengumpulkan benda-benda bersejarah, termasuk wayang.

Berangkat dari gagasan tersebut, akhirnya museum wayang di Banyumas didirikan pada tahun 1982, dikutip dari situs Asosiasi Museum Indonesia pada Jumat (!5/7/2022).

Nama ‘Sendang Mas’ yang berasal dari singkatan ‘Seni Pedalangan Banyumas’ pun dipilih sebagai nama museum wayang ini.

infografis

Nama tersebut dianggap sebagai penegasan bahwa wayang Banyumas atau wayang Gagrag Banyumasan yang ada di Museum Wayang Sendang Mas memiliki ciri khas yang begitu berbeda dengan wayang dari daerah lainnya.

Wayang Gagrag Banyumasan tersebut merupakan tipe wayang yang mengambil sebagian elemen dari wayang yang berasal dari daerah lain di Jawa, seperti Yogyakarta, Kedu, dan Surakarta.

Karakter Wayang Gagrag Banyumasan diklaim begitu menjunjung tinggi nilai kebebasan dan keterbukaan, serta mengandung banyak unsur humor untuk menertawakan jenis wayang baku yang penuh dengan aturan.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Koleksi di museum

Sebagaimana yang telah dijelaskan, koleksi wayang Gagrag tempo dulu yang berusia ratusan tahun dan masa sekarang bisa dijumpai saat Anda mengunjungi Museum Wayang Sendang Mas.

Selain wayang Gagrag, pengunjung sebenarnya bisa menyaksikan koleksi wayang lain, diantaranya adalah wayang Gagrag Yogyakarta, wayang Krucil, wayang Prajuritan, wayang Kidang Kencana, wayang Golek Purwa, wayang Golek Menak, wayang Suluh, wayang Beber, wayang Suket/Adam Marifat, dan wayang Kulit Purwa.

Blencong sebagai alat tata cahaya dalam wayang juga akan dijumpai di Museum Wayang Sendang Mas.

Tak hanya koleksi wayang, museum ini juga menampilkan benda-benda bersejarah lainnya, seperti gamelan, calung, angklung, pakeliran atau layar, kaligrafi huruf Jawa, benda Tosan Aji, buku arkeologi yang menampilkan sejumlah peninggalan peralatan dari bahan baku batu dan kayu.

Cara mengunjungi

Jika Anda berminat melihat-lihat koleksi wayang Gagrag Banyumasan dan benda-benda bersejarah lainnya, kamu bisa mengunjungi museum ini yang berlokasi di Jl. Gatot Subroto No. 1 Banyumas, Jawa Tengah.

Lebih tepatnya, Museum Wayang Sendang Mas Banyumas ini berada di komplek bekas kawedanan Banyumas atau di sebelah Timur Pendapa Duplikat Si Panji.

Anda harus menyiapkan uang sekitar Rp1.000 sampai Rp2.000 sebagai tiket masuk ke Museum Wayang Sendang Mas. (Inas Rifqia)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini