Share

Kuala Kencana Timika Papua, Kota Modern Bergaya Eropa di Tengah Hutan Belantara

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 05 Agustus 2022 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 408 2641812 kuala-kencana-timika-papua-kota-modern-bergaya-eropa-di-tengah-hutan-belantara-mssFJ88Bvz.JPG Kuala Kencana, kota modern bergaya Eropa di pedalaman Papua (Foto: Instagram/@__gobaybhoizack)

MENJELAJAHI Kuala kencana Timika Papua, kota modern bergaya Eropa yang menjadi daya tarik wisatawan datang.

Kuala Kencana sendiri terletak di Kabupaten Mimika, Timika, Papua. Kawasan ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 5 Desember 1995 yang terletak di daerah PT Freeport Indonesia.

Permukiman di Kuala Kencana dibagi menjadi beberapa kompleks yaitu Kompleks Bumi Satwa Indah, Kompleks Tirta Indah, Kompleks Apartemen, Kompleks Bachelor’s Quarter, dan Kompleks Jalan Bougenville.

Kuala kencana Timika Papua, kota modern bergaya Eropa ini memiliki sisi menarik, salah satunya tidak menggunakan tiang listrik sebagai media penyaluran listrik ke rumah-rumah.

Sebab, Kuala Kencana menggunakan konsep underground utilities atau kabel bawah tanah untuk mengalirkan listrik.

Kota Kuala Kencana
(Foto: Instagram/@ianajominumberi)

Tidak hanya listrik saja, sistem komunikasi dan air bersih juga sudah menggunakan sistem bawah tanah. Karena hal tersebutlah membuat tidak ada pemandangan tiang listrik di kawasan Kuala Kencana yang membuatnya tampak lebih tertata rapi.

Uniknya, kota ini termasuk salah satu kota yang tidak dapat dimasuki Kelompok Kriminal Bersenjata yang meneror warga sipil dengan beragam pelanggaran hukum.

Hal ini lantaran Kota Kuala Kencana dilengkapi sistem keamanan ketat untuk menjamin keamanan seluruh masyarakat di kota tersebut.

Lalu, Kuala Kencana dibangun dengan gaya modern ala Jepang rumah-rumah dibangun tanpa pagar dilengkapi halaman luas, dengan gaya bangunan modern bergaya minimalis.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Serta, Kuala Kencana juga menerapkan konsep ramah lingkungan. Lingkungan di Kuala Kencana sangat bersih dan dikelilingi rumput dan pepohonan.

Kawasan Kuala Kencana juga memiliki fasilitas umum yang lengkap, seperti sekolah lokal, sekolah internasional, gereja, masjid, dan fasilitas olahraga seperti lapangan golf, kolam renang, lapangan basket, dan sebagainya.

Kota Kuala Kencana

(Foto: Instagram/@akbarmhmd7)

Sementara itu, Kuala kencana Timika Papua, kota modern bergaya Eropa ini merupakan kota pertama di Indonesia yang menerapkan sistem utilitas (listrik, air, dan komunikasi) bawah tanah. Selain itu kota ini juga diklaim sebagai kota yang memiliki sistem pengolahan air kotor.

Air kotor akan disalurkan ke pusat pengolahan limbah sehingga tidak mencemari lingkungan yang ada di sekitarnya. Air keran yang disalurkan ke rumah-rumah penduduk memiliki standar tinggi serta aman untuk langsung dikonsumsi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini