Share

6 Fakta Unik Suku Mante, Manusia Kerdil di Pedalaman Aceh yang Keberadaannya Masih Misterius

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 05 Agustus 2022 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 408 2641840 6-fakta-unik-suku-mante-manusia-kerdil-di-pedalaman-aceh-yang-keberadaannya-masih-misterius-EbX6tRTvKp.JPG Kemunculan sosok kerdil diduga orang Suku Mante penghuni pedalaman Aceh (Foto: YouTube)

SUKU Mante, disebut-sebut sebagai suku asli dari Aceh ini menjadi misteri dan teka teki. Pasalnya, keberadaannya memang sampai saat ini belum diketahui.

Namun, ada salah seorang yang tidak sengaja merekam, muncul makhluk mirip manusia yang diduga sebagai suku Mante.

Kejadian itu diunggah di media sosial dan sempat viral beberapa waktu lalu. Makhluk yang diduga Suku Mante itu nampak larinya sangat cepat, bertubuh kerdil, serta berusaha menghindari manusia di luar dari kelompoknya.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini 6 fakta menarik tentang Suku Mante di Aceh.

1. Asal usul Suku Mante

Mante sebenarnya dibaca dengan kata Mantir. Menurut sejarah, kebudayaan ini merupakan cikal bakal munculnya rakyat Aceh yang diketahui hingga sekarang ini.

Menurut rumor yang beredar, konon katanya Mante adalah nenek moyang orang Aceh, sekelas dengan Suku Lanun, Senoi, Jakun, Sakai, dan juga Semang yang ada di Aceh. Suku-suku tersebut merupakan keturunan Melayu Proto.

Selain itu, suku ini juga diklaim sudah ada sejak zaman Kerajaan Aceh. Serta masih satu garis keturunan dengan Suku Melayu. Suku ini kemudian dianggap manusia purba, karena keberadaannya hampir tidak terlihat ratusan tahun lamanya. Bahkan, beberapa ahli menganggapnya sudah punah.

Infografis Negara Penghasil Wanita Cantik di ASEAN

Mante pertama kali diperkenalkan oleh Dr Snouck Hurgronje dalam bukunya yang berjudul De Atjehers. Ia mengartikan, Mante adalah istilah untuk tingkah seseorang yang bodoh dan kekanak-kanakan. Namun Snouck sendiri mengaku belum pernah bertemu dengan Suku Mante.

2. Ciri-ciri fisik

Ciri-ciri fisik dari Suku Mante adalah mereka hidup di belantara pedalaman Lokop, Kabupaten Aceh Timur. Temuan itu ditemukan oleh seorang pawang hutan, Gusnar Effendy.

Ia mengklaim, pernah bertemu dengan suku tersebut di hutan-hutan Oneng, Pintu Rimba, Rikit Gaib di Kabupaten Aceh Tengah dan Aceh Tenggara. Diduga, Suku Mante berjumlah lebih dari 50 jiwa.

Suku Mante ini berbeda dengan manusia kebanyakan. Mante digambarkan bertubuh kerdil, tinggi badannya sekitar satu meter. Rambut mereka terurai panjang. Mereka beraktivitas dalam keseharian dengan kondisi bertelanjang.

3. Suku Mante sulit diteliti

Suku Mante juga jadi salah satu kelompok yang sangat sulit diteliti, karena mereka sangat menghindari manusia yang diluar kelompoknya.

Kemudian sejak video viral, pemerintah Aceh langsung turun tangan dan menelusuri keberadaan Suku Mante itu. Untuk memastikan, apakah keberadaannya benar atau tidak.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. Respons ahli sejarah

Keberadaan Suku Mante ini mendapatkan respons dari para ahli sejarah, khususnya di Aceh. Hal ini karena adanya pro dan kontra yang sering terjadi, karena adanya suku tersebut.

Konon, Suku Mante ini tinggal di hutan belantara Aceh. Namun sebagian besar hutan di daerah tersebut, sudah terjamah oleh manusia.

5. Suku Mante beraktivitas normal

Menurut cerita yang beredar, konon Suku Mante memiliki aktivitas yang sama seperti manusia pada umumnya. Mereka mencari makan, berpakaian khasnya, hingga berkomunikasi dengan sesamanya.

Konon dalam hidupnya, Suku Mante dikenal Omnivora alias pemakan segala. Artinya mereka mengonsumsi hewan, tumbuhan, biji-bijian, juga buah-buahan yang langsung didapat dari alam. Mereka memilih gua sebagai tempat berlindung.

6. Viral

Meskipun keberadaan Suku Mante ini masih tanda tanya, namun sebagian konten kreator mengklaim bertemu dengan suku misterius ini. Sejumlah konten memperlihatkan, bahwa mereka diduga bertemu langsung dengan orang Suku Mante.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini