Share

10 Makanan Asli Indonesia Identik dengan HUT RI 17 Agustus, Tumpeng hingga Ketan Sepit

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 07 Agustus 2022 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 05 301 2642707 10-makanan-asli-indonesia-identik-dengan-hut-ri-17-agustus-tumpeng-hingga-ketan-sepit-qYmYIY7Fje.jpg Tumpeng Merah Putih (Cookpad)

INDONESIA yang akan genap berusia 77 tahun pada 17 Agustus 2022 punya keaneka ragaman suku, tradisi, budaya, bahasa hingga kuliner. Makanan-makanan khas Nusantara yang begitu banyak jenisnya merupakan salah satu kekayaan dan kebanggaan Tanah Air.

Beberapa kuliner Indonesia bahkan sudah populer di luar negeri seperti rendang, sate, nasi goreng, rawon, dan lainnya. Warung-warung khas Nusantara kini juga sudah ada di berbagai negara.

Ada beberapa tradisional identik dengan perayaan hari-hari tertentu seperti Lebaran, Natal, Imlek, hingga sajian khas pada Hari Kemerdekaan.

Menyambut HUT Ke-77 RI, berikut Okezone sajikan 10 makanan asli Indonesia yang identik dengan 17 Agustus.

1. Tumpeng Merah Putih

Biasanya warna tumpeng adalah kuning, bentuknya mengerucut, serta dilengkapi lauk pauk yang lezat seperti ayam goreng atau bakar, tempe, tahu, sambal hingga aneka lalapan.

 BACA JUGA:5 Kuliner Janda Ternikmat di Indonesia, Ada yang Sudah Eksis Sebelum Reformasi

Namun di HUT RI hidangan ini cukup berbeda, yaitu bewarna merah putih yang identik dengan hari kemerdekaan Indonesia. Warna merah yang dihasilkan dari beras merah, sementara untuk putih dari beras biasa.

Kemudian untuk lauk pauknya pun hampir sama. Disantap bersama dii momen yang sangat bersejarah itu.

2. Bubur Merah Putih

Saat 17 Agustusan, sebagian rumah-rumah akan menyediakan bubur merah putih sebagai makanan spesialnya. Di mana rasanya cenderung manis dan juga gurih.

 ilustrasi

Bubur Merah Putih

Warna merah yang dihasilkan dari bubur ini, yaitu berasal dari gula merah. Sementara warna putihnya, terbuat dari santan kelapa yang dikentalkan.

Selain rasanya enak, bubur merah putih ini juga cukup mengenyangkan lho. Apalagi dijadikan menu sarapan di pagi hari, sebelum upacara kemerdekaan.

3. Klepon

Selanjutnya adalah klepon, jajanan pasar atau masuk kue tradisional ini juga jadi kuliner khas saat HUT RI, lho.

Makanan enak ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih.

 BACA JUGA:4 Wisata Kuliner Hits di Bandung, Bikin Ngiler!

Jika biasanya klepon yang ditemui bewarna hijau, namun saat HUT Kemerdekaan RI warnanya akan berubah menjadi merah. Meski begitu, rasanya akan tetap sama dan enak.

4. Kerupuk

Kerupuk juga sangat identik dengan HUT RI. Camilan pendamping makanan ini, juga kerap dijadikan ajang lomba makan kerupuk. Di mana para pesertanya akan mencoba menghabiskannya dengan cara yang cukup sulit.

Peserta lomba makan kerupuk ini, tangannya akan diikat kebelakang, sementara kerupuk akan digantung dengan jarak yang cukup tinggi. Bagi siapa saja yang berhasil berjuang menghabiskannya, maka dialah pemenangnya.

 ilustrasi

Kerupuk

5. Nasi Tiwul

 

Kemudian ada nasi tiwul, jadi kuliner khas 17 Agustus. Kudapan ini adalah makanan pokok pengganti nasi beras yang dibuat dari ketela pohon atau singkong.

Sebagai makanan pokok, kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras namun cukup memenuhi sebagai bahan makanan pengganti beras. Tiwul dipercaya mencegah penyakit maag, perut keroncongan, dan lain sebagainya.

Tiwul pernah digunakan untuk makanan pokok sebagian penduduk Indonesia pada masa penjajahan Jepang dan sekarang tiwul dibuat jadi tiwul instan.

6. Bongkol

Selanjutnya bongkol, jadi makanan khas saat HUT RI. Kuliner dari Palembang ini, terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun kelapa setengah tua dan diparut menyerong.

Tak hanya itu saja, cara membuat bongkol juga dicampur dengan santan kelapa, kelapa parut, kacang tolo semuanya dicampur dan dikukus sekitar dua jam.

Anda bisa mendapatkan makanan ini di toko-toko kue tradisional, pasar atau membuatnya sendiri di rumah.

7. Telok Abang

Telok Abang adalah makanan khas kemerdekaan Indonesia, yang mana berasal dari daerah Sumatera khususnya Palembang. Keunikan dari makanan ini, yaitu warna merah mendominasi telur ini.

Diketahui, telok abang ini bisa menjadi warna merah lantaran telur ini direbus oleh pewarna makanan.

8. Telok Pindang

Telok pindang atau disebut juga telur pindang, merupakan salah satu kuliner yang mudah ditemukan di Palembang. Makanan satu ini adalah telur ayam yang direbus selama lima jam, dan dicampur dengan rempah-rempah.

Rempah-rempah yang digunakan seperti serai, garam, gula merah dan asam Jawa. Menyantap telok pindang di Hari Kemerdekaan, dipercaya sebagian orang dapat memberi pengalaman yang cukup mengesankan.

9. Ayam Goreng Paniki

Lalu makanan khas kemerdekaan lainnya adalah ayam goreng paniki, berasal dari kota Manado. Ayam goreng paniki sendiri dibuat oleh berbagai macam bumbu rempah-rempah dengan menggunakan ayam kampung sebagai bahan dasarnya.

Sementara itu, untuk bumbu-bumbu rempahnya sendiri yakni seperti jahe, santan dan daun jeruk.

10. Ketan Sepit

Ketan sepit bentuknya menyerupai lemper. Sesuai namanya, makanan ini dijepit dengan menggunakan kayu dari bambu. Biasanya dinikmati bersama telor ukan dan telor abang.

Maka sebagian orang ada yang menyantap dan menyediakan ketan sepit, sebagai makanan khas di hari kemerdekaan RI yang diperingati setiap 17 Agustus. (sal)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini