Share

Simak Rahasia Umur Panjang Orang Jepang, Patut Ditiru!

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 07 Agustus 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 05 406 2642944 simak-rahasia-umur-panjang-orang-jepang-patut-ditiru-H3f2EV4LLi.jpg Bunga sakura di Jepang (kkday.com)

JEPANG merupakan negara dengan usia harapan hidup tertinggi di dunia. Hal ini tak terlepas dari gaya hidup sehat, faktor makanan, dan fasilitas kesehatan luar biasa yang dimiliki Negara Matahari Terbit. Maka tak heran di usia senja pun, banyak orang Jepang masih terlihat bugar.

Menurut data Worldometers, Angka Harapan Hidup (AHH) penduduk Jepang mencapai 88.09 tahun pada 2020, masih di atas rata-rata AHH penduduk dunia yaitu 73,2 tahun.

Bahkan di wilayah Prefektur Okinawa, pada setiap 100.000 penduduknya, ada 25 orang yang hidup berusia 100 tahun. Apa rahasia orang Jepang bisa panjang umur?

 BACA JUGA:5 Tradisi Cari Jodoh Terunik di Indonesia, Bertarung dengan Tangan Kosong hingga Ciuman Massal

Hasil penelitian menyebutkan bahwa hobi berkebun bisa orang menjadi lebih sehat, lebih bahagia dan membantu mereka hidup lebih lama.

Ini dia alasan lainnya mengapa orang Jepang sangat menyukai berkebun ;

1. Berkebun Mendekatkan Pada Alam

 

Paparan sinar matahari, udara segar dan tanaman memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Seorang dokter di Skotlandia meresepkan, bahwa jalan-jalan di alam sangatlah dianjurkan untuk terapi tekanan darah tinggi dan gangguan kecemasan.

 

Selain itu, dokter itu juga mendorong pasien untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Hal ini akan membuat pikiran lebih fresh, dan bisa meredakan kecemasan.

 BACA JUGA:Mengenal Festival Kanamara Matsuri, Festival Penis Paling Meriah di Jepang

2. Berkebun Dapat Meredakan Stres

Seperti yang disebutkan tadi, bahwa berkebun bisa meredam stres dan gangguan kecemasan yang dialami oleh seseorang.

Dalam salah satu penelitian yang dilakukan di Belanda, 30 orang diberi tugas yang membuat mereka stres. Kemudian, subyek penelitian diminta membaca atau berkebun selama 30 menit. Mereka yang berkebun pulih dari stres jauh lebih cepat.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

3. Berkebun Sama dengan Berolahraga

Berkebun membutuhkan aktivitas fisik yang manfaatnya bisa setara dengan olahraga. Menurut Richard. Thompson, seorang peneliti di Royal College of Physicians London, bekerja di kebun melatih ketangkasan dan kekuatan.

Maka tak heran jika orang-orang Jepang sangat gemar berkebun. Inilah hal-hal positif yang bisa diambil, apalagi jika Anda tidak terbiasa dengan olahraga kekinian. Berkebun bisa jadi alternatifnya, lho.

 ilustrasi

4. Berkebun Menghasilkan Sayuran Lebih Sehat

Anda bisa mengonsumsi hasil kebun sendiri, yang tentunya lebih segar dibandingkan dengan sayur dan buah dari supermarket. Sebagian besar buah dan sayuran kehilangan 30 persen nutrisi tiga hari setelah panen karena respirasi.

Oleh karenanya, orang Jepang yang gemar berkebun, mereka akan mengonsumsi hasil kebunnya sendiri. Sebab mereka tahu bagaimana awal ditanam, hingga akhirnya dipanen. Kebanyakan pula, berkebun sendiri akan menggunakan bahan-bahan organik sebagai perawatannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini