Share

Simak! 9 Kebiasaan 'Urang Sunda' yang Membuat Para Wisatawan Betah

Cita Zenitha, Jurnalis · Senin 08 Agustus 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 06 406 2643085 simak-9-kebiasaan-urang-sunda-yang-membuat-para-wisatawan-betah-WV5igE6w9A.jpg Donita, artis asal Bandung (Instagram @donitabhubiy)

ADA 9 kebiasaan 'Urang Sunda' yang membuat para wisatawan betah. Tak heran banyak wisatawan yang menetap lama di kota yang didomisili orang Sunda.

Indonesia termasuk negara multikultural yang memiliki beragam suku dan budaya yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri.

Sunda merupakan suku terbesar kedua di Indonesia setelah Jawa. Orang Sunda atau Urang Sunda banyak mendiami wilayah Jawa Barat dan Banten.

 BACA JUGA:5 Kota Penghasil Wanita Cantik di Jawa Barat, Bisa Jadi Tempat Cari Jodoh

Berikut 9 kebiasaan 'Urang Sunda' yang membuat para wisatawan betah.

1. Menjaga Kesopanan

Urang Sunda memegang teguh pepatah Sunda “Tata titi duduga peryoga" yang mana pepatah tersebut memiliki arti menjaga etika kesopanan. Pepatah tersebut tergambarkan dalam kehidupan sehari-hari Urang Sunda yang sangat ramah bahkan pada orang asing atau pendatang sekali pun.

2. Humoris dan Suka Bercanda

Selain itu Urang Sunda juga terkenal humoris dan suka bercanda. Lihat saja salah satu selebritis Urang Sunda yang gemar bercanda misalnya saja Sule. Ia seringkali membuat lawakan yang mengundang gelak tawa orang sekitarnya.

3. Pribadi yang Religius

Islam menjadi agama terbesar yang dianut oleh Urang Sunda di Jawa Barat. Urang Sunda sudah menanamkan nilai-nilai agama kepada anaknya sejak kecil mulai dari shalat hingga mengaji. Sehingga tak heran saat anak-anak bermain kerumah, orang tuanya pasti akan mengingatkan untuk orang.

4. Jago Mengambil Hati

Selain terkenal ramah, Urang Sunda juga terkenal pandai mengambil hati orang lain termasuk wisatawan. Cobalah untuk mendatangi pusat perbelanjaan di daerah yang terdapat Urang Sunda kebanyakan mereka akan mengambil hati wisatawan dengan kata-kata manis seperti “neng geulis..”, “akang kasep..” dan lainnya.

Mereka menggunakan panggilan tersebut supaya wisatawan lebih nyaman dan merasa bersahabat dengan orang sekitar.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

5. Sangat Menjunjung Tinggi Adat Istiadat

Wisatawan betah untuk berlama-lama di satu daerah dengan Urang Sunda karena mereka masih menjunjung tinggi adat istiadat turun-temurun. Kehidupan Urang Sunda masih kentang dengan adat dari nenek moyang.

6. Wisatawan Senang dengan Adat Papahare

Papahare diartikan sebagai memasak masakan sendiri dan menyantapnya bersama banyak orang di satu tempat atau disebut sebagai makan bareng. Kegiatan in tentu saja sangat menyenangkan selain dapat berbagi dengan sesama juga dapat menyenangkan perasaan orang lain.

 Ilustrasi

7. Memiliki Kehidupan yang Santai

Mungkin jika orang tidak paham akan menyebut Urang Sunda sebagai pemalas. Padahal mereka hanya menjalani hidup dengan santai tidak mengurusi permasalahan yang bukan urusannya. Urang Sunda cenderung acuh dan tidak suka ikut campur kepada hal yang tidak penting.

8. Pandai Membuat Akronim

Kalian pasti sudah tidak asing dengan makanan sunda yang terkenal enak dan unik. Bagaimana tidak unik, makanan khas Sunda sering kali dinamai dengan akronim, misalnya Aci merupakan singkatan dari aci dicolok, combro singkatan dari oncom dijero dan masih banyak lagi.

9. Memiliki kreativitas Tinggi

Urang Sunda juga memiliki kreativitas tinggi khususnya dalam bidang seni. Kebanyakan dari orang sunda memiliki bakat seperti bermain atau musik dan menari meski latar belakang keluarga mereka buka dari bidang seni.

Itulah 9 kebiasaan 'Urang Sunda' yang membuat para wisatawan betah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini