Share

Ada Danau Toba Rally 2022, Okupansi Hotel di Parapat Naik 75 Persen

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Senin 08 Agustus 2022 01:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 07 406 2643338 ada-danau-toba-rally-2022-okupansi-hotel-di-parapat-naik-75-persen-CKJOvIWKS2.JPG Ilustrasi (Foto: iStock)

TINGKAT keterisian kamar (okupansi) hotel di Kota Wisata Parapat, Simalungun, Sumatera Utara meningkat tajam imbas pelaksanaan Kejuaraan Nasional Danau Toba Rally 2022 yang digelar 5-7 Agustus 2022 di Simalungun. Mayoritas okupansi hotel meningkat sampai 75 persen.

Manajer Hotel Khas Parapat, Vander Ambarita menyebut, di hotel miliknya okupansi saat acara Kejurnas Rally 2022 bahkan sampai 80 persen.

"Kalau tidak ada event rally ini, okupansi kita biasanya naik sampai 40 persen. Namun pas ada rally ini, naik okupansi kita sampai 75 persen. Khususnya di weekend ini kita cukup ramai. Bahkan bisa full kamar kita," ujarnya kepada MNC Portal.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa saat ini pariwisata di Danau Toba terus bergeliat. Tak hanya saat pelaksanaan kegiatan saja okupansi hotel naik, melainkan saat weekend jumlah pengunjung hotel di Danau Toba juga meningkat jika dibandingkan awal pandemi lalu.

Infografis Danau Toba

Hal senada disampaikan Manajer Atsari Hotel Parapat, Mike Wijaya Sinaga. Ia menyebutkan, saat ini dari 44 kamar hotel yang tersedia, 40 kamar sudah terisi saat event Kejurnas Rally 2022.

"Sebagian tamu kita memang ada acara rally. Tapi sebagian lagi memang mereka yang lagi liburan ke Danau Toba," sebutnya.

Jika dibandingkan pada hari biasanya, okupansi hotel saat acara Kejurnas Rally ini, kata Mike, naik 80 persen. "Makanya kami sangat berharap terus diadakannya kegiatan-kegiatan di Danau Toba. Apalagi bulan depan juga ada Asian Pasific Rally Championship (APRC). Semoga okupansi kita lebih tinggi," katanya.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut), Musa Rajekshah berujar bahwa Kejurnas Rally 2022 digelar untuk membangkitkan sport tourism di daerah.

Bukan hanya Danau Toba, melainkan daerah-daerah lainnya yang ada di Sumut juga akan dikembangkan sport tourism. Mengingat potensi masing-masing daerah ada.

"Khusus di Danau Toba, kita akan kembali akan menghadirkan APRC bulan depan. Dan World Rally Championship (WRC) tahun depan. Karena tahun 90-an kita juga pernah menjadi tuan rumah. Dengan adanya kegiatan ini, seluruh wisatawan dari berbagai negara akan datang dan melihat Danau Toba. Sudah pasti akan memberikan dampak ekonomi untuk Sumut," kata Musa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini