Share

5 Tips Agar Tidak Kena Tipu saat Wisata ke Malioboro Yogyakarta, Traveler Wajib Tahu!

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 11 Agustus 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 406 2645339 5-tips-agar-tidak-kena-tipu-saat-wisata-ke-malioboro-yogyakarta-traveler-wajib-tahu-gmJxnSWWnj.jpeg Kawasan Malioboro di Kota Yogyakarta (ANTARA/CCTV Yogya)

MALIOBORO merupakan kawasan wisata terkenal di Kota Yogyakarta. Liburan ke Jogja tak lengkap rasanya jika belum menginjak kaki di Malioboro. Di sini ada banyak penjual kuliner, pakaian, aksesoris, dan sebagainya. Tapi yang khas dari Malioboro adalah suasananya.

Malioboro sering ramai wisatawan. Kondisi ini kerap dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk membuat kejahatan, misalnya menipu maupun memalak pengunjung dari luar daerah.

Pada Maret 2022 sempat viral ada wisatawan ditipu oleh tukang becak saat mau berbelanja oleh-oleh ke Malioboro. Tukang becak itu menawarkan membawa wisatawan itu ke pusat oleh-oleh murah.

Tapi kenyataannya di sana harganya jauh lebih mahal. Apesnya lagi, tukang becak justru meminta bayaran berkali lipat dari kesepakatan awal.

Dua bulan sebelumnya juga sempat viral tukang parkir dekat Malioboro memalak bus pariwisata dari luar daerah sampai Rp350 ribu.

Nah, berikut ini tips agar tidak kena tipu saat berwisata ke Malioboro sebagaimana dikutip dari kanal YouTube Arkan Wijaya Channel.

1. Sampaikan Tujuan

Kepala Dinas Kebudayaan Yogyakarta, Yetti Martanti mengatakan agar wisatawan menyampaikan tujuannya secara tegas kepada angkutan umum seperti tukang becak di Malioboro. Hal ini untuk menghindari tawaran tempat lain. Di mana dirasa kurang pas dengan keinginan wisatawan.

Namun Yetti tidak memungkiri, jika wisatawan malah ditawari ke tempat lainnya. Anda juga bisa menolaknya secara baik-baik, jika tetap dipaksa maka langsung cari kendaraan lainnya.

 

2. Tanya Kepastian Tarif

Hal penting lainnya saat berada di Malioboro adalah tanyakan harga jual, atau kepastian tarif yang harus dibayar. Jika sudah deal dan masuk diakal, bisa langsung melanjutkan dengan transaksi.

Hal itu karena jika asal membayar tanpa tahu harga sebenarnya, biasanya akan jadi sasaran empuk para oknum untuk menaikan tarif tinggi sesuai keinginan mereka.

 BACA JUGA: Pengunjung di Malioboro Diimbau Tetap Pakai Masker, Ini Alasannya

3. Tanyakan Kepada Petugas

Jika Anda bingung dan takut ditipu bila menanyakan langsung kepada penjual, atau tukang becak, maka bisa menanyakan langsung kepada petugas yang berada di kawasan Malioboro.

Maka jika Anda menanyakannya langsung kepada petugas, akan terhindar dari penipuan. Serta mendapatkan rekomendasi tempat dan angkutan yang bisa dipilih selama liburan di Malioboro.

4. Mengunjungi Laman Resmi Malioboro

Selain menanyakan langsung kepada petugas, Anda dapat mengunjungi laman atau website resmi Malioboro. Di sana akan ada banyak informasi, sehingga wisatawan tidak kebingungan.

Selain itu, setiap tempat yang ada di laman tersebut akan dijelaskan secara detail mengenai lokasi hingga tarif atau harganya.

 ilustrasi

5. Rekomendasi di Sosial Media (Sosmed)

 

Zaman semakin canggih, apalagi dengan adanya sosmed informasi yang dijangkau akan lebih luas. Kini banyak influencer atau YouTuber yang membuat video, rekomendasi tempat-tempat yang bisa dikunjungi selama liburan di Malioboro.

Bahkan bagi Anda yang datang karena untuk backpacker, akan mudah mendapatkan informasi penginapan, tempat makan hingga lokasi wisata yang low budget.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini