Share

Jangan Pandang Sebelah Mata, Ini Tugas Berat Seorang Pramugari Selama Penerbangan

Nurul Fitriyah, Jurnalis · Jum'at 12 Agustus 2022 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 11 406 2645950 jangan-pandang-sebelah-mata-ini-tugas-berat-seorang-pramugari-selama-penerbangan-rcYklekZBR.JPG Ilustrasi (Foto: Reuters)

AWAK kabin atau pramugari adalah bagian penting dari penerbangan komersial karena sejumlah alasan. Peran mereka adalah memberikan standar layanan kepada pelanggan yang tinggi, tetapi sama dengan satu yang lainnya, mereka bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua penumpang aman sebelum, selama bahkan setelah penerbangan.

Sebagaimana dirangkum Okezone, berikut tugas umum seorang pramugari selama penerbangan;

- Melakukan pengarahan kepada penumpang sebelum penerbangan tentang penerbangan, penumpang, dan jadwal

- Melakukan pemeriksaan pra-penerbangan untuk memastikan bahwa peralatan keamanan berfungsi dengan baik dan pesawat diisi dengan makanan dan minuman yang cukup selama penerbangan

- Menyapa penumpang saat mereka naik dan mengarahkan mereka ke tempat duduknya

- Memastikan bahwa penumpang mengetahui prosedur keselamatan dan mendemonstrasikan cara menggunakan peralatan darurat kepada seluruh penumpang

- Memastikan tas tangan disimpan dengan aman

Infografis Pramugari

- Membuat pengumuman atas nama kapten, pengumuman boarding, dan pengumuman selama penerbangan dalam beberapa bahasa

- Memberikan layanan makanan dan minuman sebagai bagian dari layanan di pesawat

- Melakukan pertolongan pertama jika diperlukan

- Memastikan bahwa penumpang mengikuti prosedur keselamatan dalam keadaan darurat dengan benar

- Memastikan penumpang meninggalkan pesawat dengan selamat

- Menyelesaikan laporan penerbangan setelah perjalanan

- Awak kabin atau pramugari adalah garis pertahanan pertama di dalam pesawat yang pekerjaannya menjamin keselamatan semua penumpang.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Dalam hal keamanan, pramugari atau awak kabin harus menangani semuanya dengan sangat serius karena mereka bertanggung jawab besar atas kesejahteraan penumpang dan sesama kru penerbangan.

Meski pelatihan untuk awak kabin berbeda di setiap maskapai, pramugari biasanya sangat terlatih dalam prosedur keselamatan dan keamanan untuk menjamin respons maksimal jika diperlukan.

Tujuan utama pelatihan prosedur keselamatan dan darurat adalah untuk memastikan kru dilengkapi dengan keterampilan yang diperlukan untuk menangani situasi darurat atau tidak biasa yang dapat terjadi selama di pesawat.

Selama pelatihan, mereka juga diajarkan bagaimana mencegah insiden dan bagaimana memprediksi potensi ancaman. Oleh karena itu peran kru kabin sangat penting dalam mengoperasikan suatu penerbangan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini