Share

5 Pantai Cantik di Yogyakarta Menyimpan Cerita Mistis, Ada Persinggahan Nyi Roro Kidul

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 12 Agustus 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 11 408 2646170 5-pantai-cantik-di-yogyakarta-menyimpan-cerita-mistis-ada-persinggahan-nyi-roro-kidul-u0Lwk2pOzD.jpg Pantai Indrayanti di Desa Tepus, Gunung Kidul, DIY (Instagram @pantaiindrayanti)

DAERAH Istimewa Yogyakarta yang sebelah selatannya berbatasan dengan Samudera Hindia bertabur pantai-pantai cantik yang sering dikunjungi wisatawan. Beberapa di antara pantai ini menyimpan cerita mistis dan mitos.

Karena mengundang penasaran, mitos dan cerita mistis tersebut ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang ke pantai-pantai di Yogya.

Berikut ini lima pantai di Yogyakarta yang punya cerita mistis.

 BACA JUGA:25.186 Orang Serbu Objek Wisata Bantul di Akhir Pekan, Pantai Parangtritis Masih Primadona

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta sangat populer. Pantainya diselimuti pasir vulkanis hitam. Dipadukan dengan birunya langit, deburan ombak laut membuat suasana menjadi menyenangkan.

 ilustrasi

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis punya cerita mistis, yakni disebut-sebut sebagai persinggahan penguasa Laut Selatan, Nyi Roro Kidul. Sebagian masyarakat percaya bahwa kawasan itu adalah kediaman Kanjeng Ratu Kidul, Ratu dari Pantai Selatan yang berpakaian hijau.

 BACA JUGA:5 Tempat Makan di Yogyakarta dengan Suasana Luar Negeri, Bisa Buat Kuliner Bareng Keluarga

Karena mitos itulah, wisatawan dilarang memakai pakaian berwarna hijau saat ke Pantai Parangtritis.

2. Pantai Parangkusumo

Teletak di sebelah barat Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Bantul sangat disakralkan oleh penduduk sekitar. Pantai Parangkusumo dianggap sebagai gerbang utama atau jalan tol menuju Kerajaan Gaib Laut Selatan milik Nyi Roro Kidul.

3. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti di Tepus, Kabupaten Gunung Kidul dijuluki sebagai Pantai Kutanya Yogyakarta, karena hampir mirip dengan pantai di Kuta Bali.

Pantai ini juga punya cerita mistis, lho. Pernah terjadi kesurupan massal terhadap rombongan siswa, setalah mengambil pasir dan karang di pantai ini.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

 4. Pantai Samas

Pantai Samas yang terletak di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul jadi tempat persinggahan penyu.

Pantai Samas juga menyimpan cerita mistis. Konon, pada suatu hari sejumlah orang yang sedang memancing di area pantai ini, tiba-tiba melihat penampakan pocong. Tepatnya saat matahari mulai terbenam.

 ilustrasi

5. Pantai Jungwok

Pantai Jungwok di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul bentuknya agak cekung dan cukup luas. Pantai ini punya ombak besar, bahkan kadang bisa memecah batu karang.

Pantai Jungwok agak terpencil, fasilitasnya juga masih kurang, dan rumah penduduk di sekitarnya bisa dihitung jari. Saat malam tiba, suasana pantai itu sangat sepi dan menyeramkan. Pengunjung yang berada di pantai ini kerap merasa seolah ada yang mengikuti dan samar-samar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini