Share

Meriahnya Festival Pasar Terapung di Banjarmasin, Pukau Ribuan Penonton

Anya Azalia Faustina, Jurnalis · Minggu 14 Agustus 2022 02:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 13 406 2647200 meriahnya-festival-pasar-terapung-di-banjarmasin-pukau-ribuan-penonton-gaIDMmuX1N.jpg Festival Budaya Pasar Terapung di Titik Nol Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Foto ANTARA)

FESTIVAL Wisata Budaya Pasar Terapung ke 14 yang digelar di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, berhasil menarik ribuan masyarakat untuk menonton.

"Sebagai upaya meningkatkan gairah wisatawan ke Kalimantan Selatan," ujar Kepala Bapeda Nurul Fajar Desira mewakili Gubernur Kalsel di titik nol Banjarmasin, Jumat 12 Agustus 2022 malam.

 BACA JUGA: Festival Pacak Sepuran Kuloprogro Kembali Digelar, Begini Keseruannya

Selain itu, kata dia, acara yang digelar sampai 14 Agustus tersebut sebagai upaya pemerintah menjaga eksistensi budaya masyarakat dan upaya pemulihan ekonomi.

"Gubernur berpesan, agar menyemarakkan acara ini agar pariwisata kita dapat jauh lebih baik lagi," ujarnya seperti dilansir dari ANTARA.

 Ilustrasi

Acara tersebut katanya sebagai rangkaian menyambut Hari Jadi (Harjad) ke-72 Provinsi Kalsel sekaligus HUT ke-77 Republik Indonesia (RI).

Dipastikan ada ribuan masyarakat yang antusias menyaksikan pembukaan acara tahunan yang sempat tertunda karena COVID-19.

 BACA JUGA: Festival Budaya Korea Segera Digelar, Ada Cara Bikin Kimbab hingga KPop Taekwondo

Terlihat, masyarakat memadati sisi kiri kanan siring sungai untuk menyaksikan lomba perahu hias yang dimeriahkan oleh 13 SKPD pemerintah provinsi dan juga tari kolosal khas daerah.

"Acaranya dibuka pada malam hari di atas tongkang diikuti karnaval perahu hias dari SKPD dengan permainan laser," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kalsel Muhammad Syafruddin.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Dalam festival ini, kata dia, bisa ditemui stan kuliner dan kampung Banjar menyajikan makanan khas dari 13 kabupaten kota di Kalsel.

"Ada juga lomba pawai budaya dan lomba fashion karnaval," ujarnya.

 

Ragam kegiatan tersebut, diniatkan mampu menyerap ribuan pengunjung dan mendongkrak pariwisata Kalsel.

"Selama dua tahun terakhir kita tidak bisa banyak berkegiatan karena pandemi COVID-19. Semoga dengan adanya festival pasar terapung dan dengan terkendalinya penyebaran pandemi COVID-19 di Kalsel saat ini jumlah kunjungan wisatawan ke Kalsel dapat meningkat,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini