Share

4 Negara dengan Biaya Pemilu Termahal di Dunia, Indonesia Urutan Ke-3

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 15 Agustus 2022 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 14 408 2647416 4-negara-dengan-biaya-pemilu-termahal-di-dunia-indonesia-urutan-ke-3-S7XcZfLzki.jpg Ilustrasi Jakarta (dok. Freepik)

PEMILIHAN umum (pemilu) merupakan salah satu cara politik untuk mengumpulkan suara, agar salah seorang calon untuk menduduki suatu jabatan, seperti anggota DPR, bupati, gubernur, hingga presiden.

Kemudian sudah menjadi rahasia umum, bahwa dalam penyelenggaraan pemilu dibutuhkan biaya yang tidak sendiri, lho. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini empat negara yang melakukan sistem pemilu dengan biaya mahal.

1. India

India menjadi negara dengan urutan pertama, yakni sebagai negara dengan ongkos pemilu yang tidak sedikit alias mahal. Bahkan negeri Bollywood itu, disebut-sebut jadi yang termahal di dunia.

Biaya pemilu yang harus dikeluarkan oleh pemerintahannya mencapai Rp199 triliun. Sebagai negara dengan nilai sangat fantastis itu, ternyata nilai tersebut diajukan oleh Perdana Menteri India saat ini, Narendra Modi.

infografis

2. Amerika Serikat

Selanjutnya adalah Amerika Serikat, untuk biaya pemilu saja negara ini bisa menghabiskan hingga Rp34 triliun. Negeri Paman Sam ini jadi negara kedua dengan biaya termahal pemilu.

Anggaran senilai Rp34 triliun itu dikeluarkan pada 2016 lalu. Kala itu ada dua calon presiden yang berkompetisi, yakni Donald Trump dari Partai Republik dan Hillary Clinton dari Partai Demokrat.

Dalam sistem pemilihan umumnya ini, Amerika menggunakan sistem elektoral, berbeda dengan sistem pemilu yang digunakan di Indonesia.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

3. Indonesia

Pada 17 April 2019, Indonesia menghabiskan dana hingga Rp25 triliun untuk pemilu. Serta jadi negara ketiga dengan biaya mahal uny penyelenggaraan pemilihan umum.

Kala itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU), mengadakan lima jenis pemilihan sekaligus untuk menghemat biaya. Di antaranya pemilihan presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota atau Kabupaten.

4. Brasil

Pembiayaan pemilu di Brasil mencapai Rp24 triliun yang diselenggarakan pada 7 Oktober dan 28 Oktober 2018 lalu.

Kemudian dari hasil pemilu tersebut, terpilihlah Jair Bolsonaro sebagai presiden dengan suara mencapai 55 persen. Biaya tersebut selisih sedikit dengan biaya pemilu di Indonesia pada 2019, yakni sebanyak Rp1 triliun.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini