Share

Jelajah Serunya 77 Destinasi Wisata Indonesia Secara Virtual Lewat TikTok, Bisa?

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 15 Agustus 2022 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 14 408 2647756 jelajah-serunya-77-destinasi-wisata-indonesia-secara-virtual-lewat-tiktok-bisa-doZFd1XJ7e.jpeg Danau Toba, destinasi wisata super prioritas (Foto: Okezone/Pradita)

INDUSTRI pariwisata dan ekonomi kreatif memang jadi salah satu bidang sektor yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19.

Kini, seiring dengan melandainya pandemi, walau secara perlahan industri pariwisata Indonesia mulai pelan-pelan bangkit. Menggairahkan kembali pariwisata dalam negeri, tentunya tidak bisa lepas dari promosi secara digital.

Menggeliatkan kembali gairah industri pariwisata Indonesia, Kemenparekraf bersama TikTok dan online travel agent (OTA) pertama di Indonesia, tiket.com berkolaborasi dengan mempromosikan destinasi wisata menarik di Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, bersama empat kreator TikTok, Canny Claudia (@cannyclau), Firly Adhyatma Rusli (@firlyafro), Melani Amelia (@namakuamel_racosta) dan Nanda Setya Pratama Juanda (@itingsmeledak), masyarakat diajak bisa melihat keseruan para konten kreator ini dalam mengeksplorasi 77 destinasi wisata, salah satunya Magelang, Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Danau Toba di Sumatera Utara, dan Likupang di Sulawesi Utara akan menjadi bagian dari program Jelajah #SerunyaIndonesia ini. hanya dengan live streaming TikTok LIVE selama 77 jam.

Mahwari Sadewa Jalutama, Head of Operations TikTok Indonesia, menyebut program #SerunyaIndonesia ini bertujuan membantu pemulihan ekonomi kreatif dan pariwisata dengan memberdayakan ekonomi lokal dan destinasi wisata.

“Ini salah satu rangkaian acara HUT Indonesia ke-77 dari TikTok untuk bantu pemulihan ekonomi and parawisata sebagai pendekatan utama. Sebab dua sektor ini yang paling terdampak karena pandemi,” ujar Tama, kala ditemui Okezone di gelaran Workshop Content Creator TikTok di Bali, Minggu (14/8/2022).

(Foto: Okezone/Pradita)

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Lewat fitur tayangan live streaming, Tama menambahkan, masyarakat khususnya para pengguna TikTok bisa melihat situasi nyata tempat-tempat destinasi wisata di Tanah Air saat ini.

“Dengan live streaming ini, para konten kreator bisa langsung kasih real experience dan interaksi sam audience, gambaran nyata lah di 77 destinasi ini gimana,” imbuhnya.

(@firlyafro)

Senada dengan Tama, seperti dikatakan Firnandi Gufron selaku Plh. Direktur Komunikasi Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, promo pariwisata lewat platform digital yang inovatif, merupakan salah satu fokus pemerintah dalam memajukan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

"Inovasi, digitalisasi, dan ekonomi kreatif merupakan solusi berkelanjutan pengembangan parekraf global yang masuk dalam lima line of action (pilar aksi) agenda Presidensi Tourism Working Group G20 Indonesia,” ujar Firnandi.

Diharapkan dengan promosi masif di platform digital seperti TikTok, bukan hanya bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke banyak destinasi wisata di dalam negeri. Namun juga, meningkatkan kemampuan dan kesiapan dari pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif itu sendiri.

“Harapannya dengan kolaborasi ini, pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bisa mendapatkan inspirasi baru dalam meningkatkan kemampuan adaptasi, inovasi, dan kolaborasi yang baik, demi pariwisata Indonesia yang lebih maju. Khususnya di lima destinasi prioritas yang masuk dalam rute perjalanan Jelajah #SerunyaIndonesia ini."

Sebagai informasi, menjelajah berbagai wilayah di Indonesia, program ini juga akan mendukung pemberdayaan kreator daerah dan lokal, melalui program "Serunya On The Road (SOTR)" di tiga kota, Semarang, Bali, dan Medan yang bertujuan untuk membuka peluang dan memberdayakan ekonomi di Indonesia. Sehingga siapa pun bisa ikut mempromosikan wisata Indonesia dengan cara yang kreatif dan menyenangkan.

 BACA JUGA:5 Destinasi Wisata di Toraja, Daerah Asal Ferdy Sambo yang Terancam Hukuman Mati

BACA JUGA: 5 Destinasi Wisata Sejarah di Balik Kemerdekaan Indonesia, Pas Dikunjungi 17 Agustus

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini