Share

10 Kucing Paling Populer di Dunia dan Sejarahnya, Nomor 9 dari Indonesia

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 16 Agustus 2022 21:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 406 2648329 10-kucing-paling-populer-di-dunia-dan-sejarahnya-nomor-9-dari-indonesia-bfhEXLaZXg.jpg Kucing persia (Foto: Dinoanimals)

ADA 10 kucing paling populer di dunia dan berikut sejarahnya. Menurut Asosiasi Cat Franciers, ada sebanyak 50 jenis kucing yang diakui secara resmi. Kemudian 10 di antaranya masuk pada ras kucing yang tidak biasa dan sangat aneh, memiliki keunikan tersendiri.

Berikut 10 kucing paling populer di dunia dan sejarahnya yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber:

1. Scottish Fold

Seperti American Curl, Scottish Fold mengambil namanya dari bentuk telinga yang unik. Kucing ras ini tampak hampir tidak memiliki telinga sama sekali dan memiliki tampilan yang manis, yang diintensifkan oleh mata bulatnya yang besar.

 BACA JUGA:Sudah Tahu Belum? Begini Sejarah Hari Kucing Sedunia yang Diperingati Setiap 8 Agustus

The Scottish Fold memiliki tubuh berukuran sedang dan telinga yang tidak biasa, yang melipat ke depan dan ke bawah dan cukup kecil. Telinga lipat terlihat lurus dan normal saat lahir, tetapi akan mulai melipat setelah 21 hari.

2. Amarican Curl

The American Curls menyerupai kucing biasanya kecuali untuk bentuk unik dari telinga mereka, yang meringkuk kembali dari wajah ke arah pusat belakang tengkorak.

 Ilustrasi

Ilustrasi kucing (Pixabay)

Awalnya, anak kucing Curl terlihat seperti anak kucing lainnya, meskipun dengan telinga besar dan terbuka. Dalam seminggu telinga mereka akan mengerut, mengeriting, dan mengerut sampai kucing berumur empat bulan dan itu menjadi permanen.

Kucing American Curl menjadi salah satu ras kucing yang paling aneh di seluruh dunia. Jenis kucing ini banyak ditemukan di Amerika Serikat, Spanyol, Prancis, Jepang, Rusia, dan banyak negara lainnya.

3. Snowshoe

The Snowshoe merupakan ras kucing terkenal di dunia yang berasal dari Amerika Serikat. Dikatakan aneh karena mereka sulit untuk bereproduksi.

Kucing ini penuh kasih sayang, manis dan lembut. Mereka termasuk hewan peliharaan yang sangat dekat dengan anak – anak dan hewan lainnya. Selain itu Snowshoe sangat jinak dan menunjukkan pengabdian yang begitu besar kepada pemiliknya.

 BACA JUGA:5 Mitos Menabrak Kucing di Indonesia, Bawa Sial hingga Dihantui Arwah

4. Persian Cat

Persia adalah kucing yang memiliki tubuh seimbang dan ekspresi manis di wajahnya. Ia memiliki kepala besar dan bulat, telinga kecil dan ekor yang relatif pendek.

5. Levkoy Ukraina

Levkoy Ukraina adalah jenis kucing yang memiliki penampilan berbeda (penampilan wajah anjing), memiliki telinga lipat ke dalam dan sedikit bahkan tanpa rambut. Memiliki persamaan dalam beberapa hal, kucing berukuran sedang dengan tubuh yang panjang, tampak berotot dan langsing. Ia memiliki kulit yang lembut dan elastis.

 

Levkoy Ukraina masih termasuk ras kucing baru. Spesimen pertama lahir pada Januari 2004 hasil dari penyilangan betina Donskoy tanpa rambut dengan jantan Metis Skotlandia.

6. Munchkin

Munchkin adalah jenis kucing yang dicirikan dengan kakinya yang sangat pendek, berukuran sedang dengan tubuh panjang, mata berbentuk kenari dan telinga segitiga.

Kucing ini memiliki karakteristik yang mirip dengan kucing domestik normal. Hal ini umumnya digambarkan sebagai kucing yang manis, ramah, berorientasi dengan manusia dan cerdas yang merespon dengan baik untuk ditangani.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

7. Sphynx

The Sphynx, atau Canadian Hairless lahir tanpa bulu dan memiliki kulit yang begitu halus. Karena kehalusannya, kulit Sphynx sering dibandingkan dengan suede yang hangat.

Kumis dan alis dapat tumbuh, baik utuh atau rusak bahkan tidak ada sama sekali. Sifat aneh lainnya dari kucing ras ini adalah keriputnya, di sekitar bahu, telinga dan moncong.

8. Maine Coon

Dipopulerkan setelah CFA mengakuinya sebagai kucing ras murni pada tahun 1970-an. Termasuk salah satu kucing populer dunia. Maine Coon memiliki polydactylism atau jari kaki yang besar untuk berburu.

Maine coon umumnya memiliki tinggi badan 16 inci, berat badan 8 hingga 20 pon, mampu bertahan hidup 12 sampai 15 tahun.

 Ilustrasi

9. Bengal

Kucing populer berikut ini adalah bengal, dikenal sebagai kucing macan tutul dan terlihat liar hidup di hutan. Meskipun terlihat sangar dengan perawakannya yang gagah, justru kucing ini memiliki sifat yang jinak. Jenis kucing ini ada yang berasal dari Indonesia.

10. American shorthair

Kucing ini ada pada tahun 1966-an untuk membedakan ukuran badannya. Sesuai dengan namanya berasal dari Amerika Utara. Pola warna yang khas termasuk, solid, berbayang, warna-warni, dua warna, cameo, dan tabby.

Kucing imut ini punya tinggi badan 8 hingga 10 inci, berat badan 8 hingga 12 pon, dan bisa bertahan hidup 15 sampai 20 tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini