Share

Mengenal Kastil Tabuk, Situs yang Berhubungan dengan Perang Terakhir Dipimpin Nabi Muhammad

Salman Mardira, Jurnalis · Selasa 16 Agustus 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 406 2648386 mengenal-kastil-tabuk-situs-yang-berhubungan-dengan-perang-terakhir-dipimpin-nabi-muhammad-TgVzA6kCAC.JPG Kastil Tabuk di Arab Saudi (Foto SPA/Arab News)

KASTIL Tabuk berdiri tegak sebagai salah satu monumen bersejarah terpenting di Arab Saudi, karena lokasinya memiliki hubungan dengan situs tempat Nabi Muhammad Shallahu’alaihi wasallam tinggal selama pertempuran Tabuk, perang terakhir yang dipimpin langsung oleh Rasulullah.

Perang Tabuk berlangsung antara pasukan Islam melawan pasukan Romawi di bawah kendali Kaisar Heraklius pada 630 Masehi atau 9 Hijriah. Heraklius yang gentar melihat Muslimin, akhirnya menarik semua pasukannya. Romawi kalah sebelum bertempur dan bersedia membayar jizyah (pajak keamanan) ke Nabi Muhammad.

BACA JUGA: Mengenang Perang Uhud di Masjid Sayid Al-Syuhada, Landmark Bersejarah di Madinah

Melansir dari Arab News, Selasa (16/8/2022), benteng kuno ini adalah salah satu stasiun di Jalan Shami Hajj yang menghubungkan Negeri Syam dan Madinah. Jalan ini memiliki istana dan stasiun mulai dari perbatasan Yordania sampai ke Madinah.

 

Konstruksi kastil dimulai pada tahun 1586. Dipugar pada 1653, kemudian direnovasi dan dipugar kembali pada 1843. Di mihrab masjid terdapat prasasti untuk menandai peristiwa tersebut.

BACA JUGA: Inilah Masjid Al-Jum'ah Madinah, Tempat Pertama Nabi Muhammad Shalat Jumat Setelah Hijrah

Kastil ini direnovasi lagi pada 1950 dan 1992 oleh Badan Purbakala dan Museum di bekas Departemen Pendidikan Arab Saudi.

Otoritas Umum Pariwisata dan Warisan Nasional Arab Saudi memainkan peran penting dalam merenovasi kastil pada 2012, dan bangunan tersebut sekarang menjadi museum arkeologi dengan banyak artefak dan barang warisan yang dipamerkan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Situs bersejarah ini terbuka untuk pengunjung sepanjang minggu. Kastil ini memiliki dua lantai, dengan lantai dasar terdiri dari halaman terbuka, kamar, masjid, dan sumur.

Lantai atas memiliki masjid dan kamar musim panas terbuka, di samping tangga lain yang mengarah ke menara yang digunakan untuk menjaga dan mengamati. Di belakang kastil, ada kolam renang kerajaan. Yang satu persegi dan yang lainnya persegi panjang.

 Ilustrasi

Wilayah Tabuk memiliki monumen, landmark, kastil, dan istana yang mencerminkan kedalaman era sejarah dan peradaban di wilayah tersebut, serta memiliki warisan ribuan tahun. Lokasi geografisnya sangat penting untuk rute perdagangan sepanjang sejarah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini