Share

5 Keindahan Nepal Van Java Kaliangkrik, Lereng Gunung Sumbing Magelang yang Wajib Diketahui

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Selasa 16 Agustus 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 408 2648184 5-keindahan-nepal-van-java-kaliangkrik-lereng-gunung-sumbing-magelang-yang-wajib-NSg7DySHvT.jpg Dusun Butuh di Temanggung, Magelang dijuluki Nepal Van Java (Instagram @nepal_van_java)

ADA 5 keindahan Nepal Van Java Kaliangkrik, lereng Gunung Sumbing Magelang yang wajib diketahui. Lereng Gunung Sumbing menawarkan pemandangan menakjubkan.

Bagaimana tidak, kawasan lereng gunung yang berada di Dusun Butuh, Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah itu memiliki bentuk permukiman yang khas seperti di Nepal. Tak heran bila kawasan ini disebut juga Nepal Van Java.

Berada di ketinggian 1.600 MDPL, membuat kawasan ini memiliki udara yang sejuk. Tak hanya sejuk, kawasan ini juga memiliki keindahan yang tak boleh dilewatkan begitu saja.

Lantas, apa saja keindahan Nepal Van Java Kaliangkrik, lereng Gunung Sumbing Magelang yang wajib diketahui? Untuk mengetahuinya, simak rangkuman Okezone berikut ini.

5 Keindahan Nepal Van Java Kaliangkrik, Lereng Gunung Sumbing Magelang yang Wajib Diketahui

1. Memiliki Bentang Alam yang Indah

Tak dapat dipungkiri, lokasinya yang berada di lereng gunung, membuat kawasan ini memiliki bentang alam yang menakjubkan. Apalagi jika cuaca cerah dapat melihat indahnya Gunung Sumbing yang menjadi latar belakang kampung Dusun Butuh.

Tentunya, panorama alam yang begitu mempesona ini sudah pasti menarik siapapun untuk berlama-lama menikmatinya.

Ilustrasi

Dusun Butuh di Temanggung (Okezone)

2. Keindahan Sekitar Dusun Butuh

Selain menikmati keindahan Gunung Butuh, para traveler juga dapat menikmati keindahan Nepal Van Java dengan menjelajah Dusun Butuh, Kaliangkrik. Jelajah kampung juga bisa menjadi salah satu cara melihat dari dekat aktivitas penduduk setempat.

Suasana alam yang asri dan sejuk sembari ikut serta kegiatan bercocok tanam, memetik sayuran menjadi deretan kegiatan wisata yang menyenangkan dan tentunya menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

3. Memiliki Udara yang Sejuk

Berada di kawasan tertinggi di Magelang, membuat Nepal Van Java memiliki udara yang sejuk. Selain dimanjakan pemandangan alam yang indah juga dapat menyehatkan pernapasan dengan menghirup udara sejuk. Kawasan yang asri dan nuansa pedesaannya yang begitu kental membuat siapapun betah berlama-lama di kawasan itu.

4. Menjadi Spot Foto yang Instagramable

Bagi kamu pemburu matahari terbit wajib berkunjung ke sini. Sebab, kawasan wisata ini juga termasuk spot matahari terbit dan spot foto yang instagramable.

Di sini, kamu dapat berburu momen matahari terbit dengan panorama alam yang mempesona berlatar belakang Gunung sumbing. Tak hanya spot itu, kamu bisa berfoto dengan latar belakang gapura dusun, teras nepal, taman Depok hingga gapura pendakian.

5. Keindahan Suasana Bermalam yang Tak Terlupakan

Menunggu momen matahari terbit dengan bermalam di kawasan ini menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, kamu juga bisa menikmati suasana malam kawasan ini yang tak didapatkan di tempat lain. Menikmati udara malam Dusun Butuh sembari menjajaki kuliner kopi tentu menjadi momen yang tepat menghabiskan sisa malam.

Demikian 5 keindahan Nepal Van Java, Kaliangkrik, lereng Gunung Sumbing yang wajib diketahui para traveler. Sebisa mungkin berkunjunglah di musim kemarau agar mendapatkan pemandangan yang ciamik. (sal)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini