Share

Merdeka! Sang Saka Merah Putih Akan Berkibar di Ketinggian 3.339 Mdpl

Antara, Jurnalis · Rabu 17 Agustus 2022 02:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 406 2648591 merdeka-sang-saka-merah-putih-akan-berkibar-di-ketinggian-3-339-mdpl-aRtHBJ7x8x.JPG Tim Ekspedisi 77 akan mengibarkan bendera merah putih di puncak Gunung Arjuno (Foto: Antara/Fiqih Arfani)

TIM Ekspedisi 77 Jawa Timur siap mengibarkan bendera Merah Putih sekaligus menyelenggarakan Upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 di Puncak Gunung Arjuno.

"Ini salah satu cara mencintai negeri sekaligus menyampaikan kepada dunia tentang rasa cinta NKRI," ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di sela memberangkatkan tim di halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya, mengutip Antara.

Selama perjalanan menuju puncak Gunung Arjuno yang tingginya 3.339 meter di atas permukaan laut (mdpl), para pendaki yang jumlahnya 77 orang akan melakukan penanaman pohon Cemara Gunung.

Para pendaki juga membawa bendera Merah Putih untuk dibagikan di pemukiman warga sekitar lereng gunung.

Infografis Gunung Tertinggi di Indonesia

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Pemprov Jatim itu juga menyampaikan dipilihnya Gunung Arjuno karena terdapat kawasan Taman Hutan Rayat R. Soeryo serta adanya cagar biosfer di kawasan Bromo Tengger Semeru dan Arjuno yang telah ditetapkan oleh UNESCO tahun 2015.

Tim Ekspedisi 77 Gunung Arjuno diikuti pendaki yang berasal dari beberapa perwakilan, seperti unsur aparatur sipil negara (ASN), perempuan, Pramuka, media, pelaku wisata, relawan serta mahasiswa pencinta alam.

Gubernur Khofifah juga berpesan kepada seluruh pendaki untuk menjaga kehati-hatian, kekompakan, dan mengutamakan keselamatan terhadap seluruh proses yang akan dilakukan.

Mantan Menteri Sosial itu juga berharap pengibaran bendera merah putih di puncak Gunung Arjuno mampu menjadikan semangat nasionalisme dan cinta NKRI.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

"Jangan pernah mengganggu Indonesia karena banyak elemen yang siap menjaga bangsa ini. Di sana juga jangan lupa mendokumentasikan dengan baik dan sampaikan ke dunia agar jangan sekali-sekali mengganggu NKRI," kata Khofifah.

Pada kesempatan sama, Kepala Dinas Kehutanan Jatim, Jumadi menyampaikan tujuan tim ke Gunung Arjuno untuk membangun semangat juang anak-anak muda di dengan mengibarkan merah putih di puncak sekaligus penanaman pohon Cemara Gunung.

"Pengibaran di puncak Gunung Arjuno memberikan arti semangat juang tinggi, serta penanaman Cemara Gunung menyimbolkan semangat optimis Jatim bangkit," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini