Share

3 Gunung Keramat yang Dianggap Suci oleh Penduduk Jepang, Sering Jadi Lokasi Ritual

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Jum'at 19 Agustus 2022 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 408 2650040 3-gunung-keramat-yang-dianggap-suci-oleh-penduduk-jepang-sering-jadi-lokasi-ritual-RhYJhuP1bd.jpg Gunung Fuji di Jepang (Foto: Trips Channel)

ADA 3 gunung keramat yang dianggap suci oleh penduduk Jepang. Istilah gunung keramat nyatanya tak hanya ada di Indonesia, di beberapa negara pun ada. Salah satunya di Jepang.

Meski Jepang termasuk negara maju, ternyata sebagian besar penduduknya masih menjaga dan melestarikan kebudayaan serta tradisi yang telah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Sebagai bukti, masih banyak ditemukan rumah-rumah kuno hingga kuil yang dijadikan tempat berdoa, yang kondisinya masih terawat dengan sangat apik.

Bahkan, bagi beberapa penduduk Jepang, gunung merupakan tempat suci. Ada tiga gunung di Jepang yang dianggap gunung suci yang lebih dikenal dengan sebutan Sanreizan.

Lantas, mana saja 3 gunung keramat yang dianggap suci oleh penduduk Jepang? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan Okezone berikut ini.

Gunung Keramat yang Dianggap Suci oleh Penduduk Jepang

1. Gunung Fuji: kekuatan vulkanik

Memiliki tinggi 3.776 mdpl membuat Gunung Fuji sebagai gunung tertinggi di Jepang. Gunung paling terkenal dan menarik banyak wisatawan sepanjang tahun ini hanya bisa didaki saat musim panas.

Simbol Jepang ini telah dianggap suci sejak zaman Ainu, penduduk asli Jepang. Selain itu, gunung yang masuk jenis stratovolcano ini juga suci bagi umat Buddha dan Shinto. Uniknya lagi, gunung ini telah terdaftar sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO di tahun 2013.

Ilustrasi

Gunung Fuji

Bahkan menurut legenda, ada seorang pertapa saleh dan terkenal bernama Hasegawa Kokugyo (1541-1646) melakukan pendakian hingga ke bagian puncak gunung sebanyak lebih dari 100 kali.

Pencapaiannya tersebut sebagai awal mula terbentuknya Fuji-ko yakni kelompok pemuja gunung Fuji. Kelompok tersebut bahkan membuat monumen batu serta melakukan puasa. Hingga kini penganut kelompok tersebut masih ada.

2. Gunung Haku

Gunung Haku dipercaya memiliki kekuatan spiritual dan sebagai pemberi kehidupan pada tanah di kaki gunung. Gunung ini sebagai sumber kehidupan sebab mata airnya mengalir ke Sungai Kuzury, Sungai Tedori, dan Sungai Nagara. Air ini sangat penting untuk pertanian yang dilakukan oleh orang-orang yang tinggal di dekatnya.

Gunung yang bertipe stratovolcano dan terletak di perbatasan antara Fukui, Gifu, dan Ishikawa ini telah aktif sejak 300.000 hingga 400.000 tahun yang lalu dengan letusan terakhirnya terjadi pada tahun 1659. Dalam kanji Jepang, nama gunung ini diartikan sebagai Gunung Putih yang dianggap sebagai salah satu dari tiga gunung suci di Jepang.

Disebut Gunung Putih, sebab gunung ini selalu terlihat tertutup oleh salju yang membuat gunung Haku ini terlihat menjadi berwarna putih. Sejak zaman dahulu, penduduk Jepang telah menganggap gunung ini sebagai tempat yang sakral.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Menurut sejarah, gunung Haku pertama kali didaki oleh penganut Shinto Taichou di tahun 717. Hingga lambat laun kelompok ini memiliki banyak pengikut untuk memuja gunung Haku. Bahkan di puncak gunung Haku terdapat Shirakawago yang dianggap sakral dan ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Tidak hanya itu, gunung yang memiliki ketinggian 2.702 mdpl ini memiliki jalur pendakian yang sangat terkenal bernama Hakusan Super Rindo dengan panjang mencapai 33,3 km. Jalur ini adalah jalan tol pegunungan yang berada lebih dari 1.400 meter di atas permukaan laut.

3. Gunung Tateyama

Gunung Tate atau Tateyama terletak di bagian utara Kita Alps Jepang dan menjadi salah satu puncak yang paling mudah diakses di daerah tersebut. Selain hiking dan pemandangan yang indah, orang-orang datang ke sini untuk menikmati onsen.

Ilustrasi

Para biksu Buddha menjalani pelatihan spiritual di sini dan kini tempat ini juga populer di kalangan turis. Gunung yang memiliki ketinggian 3.015 mdpl ini adalah salah satu gunung yang lebih dikomersialkan dan terpelihara dengan baik sebagai tempat wisata.

Menurut penganut agama gunung, pendakian ke puncak Gunung Tate diartikan sebagai simulasi pengalaman surga neraka dan akhirat. Pendakian ke puncak telah menjadi pilgrimage yang populer setidaknya sejak tahun 1600-an.

Di puncaknya terdapat kuil yang bernama Kuil Oyama tempat para pendaki dapat minum sake panas dan menerima berkah dari seorang biksu.

Demikian penjelasan 3 gunung keramat yang dianggap suci oleh penduduk Jepang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini