Share

Sanur Village Festival Masuk 100 Kharisma Event Nusantara, Ini Harapan Sandiaga Uno

Antara, Jurnalis · Sabtu 20 Agustus 2022 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 19 406 2650409 sanur-village-festival-masuk-100-kharisma-event-nusantara-ini-harapan-sandiaga-uno-NONuGIwOQw.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno saat menghadiri Sanur Village Festival 2022 di Denpasar, Bali (Foto: Antara/Ni Putu Putri Muliantari)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno membuka kegiatan Sanur Village Festival yang disebut-sebut sebagai satu dari 100 jajaran Kharisma Event Nusantara (KEN) yang berasal dari Denpasar, Bali.

"Salah satu yang bekerja keras menjadikan pariwisata kita lebih maju adalah Sanur Village Festival 2022 yang berhasil masuk Kharisma Event Nusantara (KEN) dan ini adalah event berskala nasional dan internasional," kata Sandiaga di Denpasar, Bali, mengutip Antara.

Saat membuka Sanur Village Festival atau yang sering disebut Sanfest ke-15 di Pulau Dewata, Sandiaga menuturkan bahwa KEN adalah program dari kementerian yang dinahkodainya, bertujuan untuk mengurusi kegiatan-kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Spot Berburu Kerajinan Tangan di Bali

"KEN ada yang berskala daerah, nasional, dan internasional, jadi internasional seperti G20 dan MotoGP, tapi ada acara-acara nasional jadi Sanfest ini nasional, setingkat lagi bisa menjadi internasional yang akan melibatkan lebih banyak kunjungan wisman," terangnya.

Dikatakannya, acara musik yang dibaluti pameran UMKM dan stan makanan khas terdiri dari total 150 tenan ini memiliki dampak besar, multiplier effect yang sangat luas sehingga akan dikembangkan ke depan.

"Sanur Village Festival 2022 menjadi promosi pariwisata Bali dan ekonomi kreatif dengan semangat G20 recover together recover stronger. Kami memiliki data dimana kontribusi PDB ekonomi kreatif Rp4,8 triliun di tahun 2020 dan kalau kita lihat festival musik ini memiliki peran yang sangat besar," kata Sandiaga.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Mantan Wakil Gubernur Jakarta itu menyebut, festival musik selain mendatangkan wisatawan juga turut menyumbang PDB lewat kuliner Rp455 triliun, kriya Rp166 triliun, dan musik sendiri Rp4,8 triliun, Sandiaga menyadari ini sebagai kontribusi yang luar biasa.

"Pariwisata dan ekonomi kreatif Sanur ini penuh dengan potensi wisata bahari, kuliner, budaya, kriya dan saya harapkan Sanur Village Festival 2022 akan memunculkan keunikan dan kreativitas lokal," ujar dia.

Di Denpasar sendiri, terdapat tiga acara yang berhasil lolos dalam kurasi Kharisma Event Nusantara, yaitu Sanur Village Festival, Denpasar Festival, dan Pesta Kesenian Bali. Sementara itu, Bali memiliki tujuh acara dalam jajaran KEN, empat lainnya adalah Bali Spirit Festival, Ubud Village Jazz Festival, Pemuteran Bay Festival, dan Penglipuran Village Festival.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini