Share

10 Daerah Terdingin di Indonesia, Ada yang Dijuluki Swiss Kecil

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Senin 22 Agustus 2022 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 20 408 2651300 10-daerah-terdingin-di-indonesia-ada-yang-dijuluki-swiss-kecil-yJOh56pDMT.jpg Daerah terdingin di Indonesia (dok Freepik)

TERDAPAT 10 daerah terdingin di Indonesia yang bisa menjadi destinasi liburan Anda.

Sebagai wilayah tropis yang letaknya di ekuator, tak dipungkiri kebanyakan wilayah di Indonesia memang identik dengan udara yang cenderung panas.

Namun, beberapa daerah yang berada di dataran tinggi tentu memiliki suhu yang jauh lebih rendah. Sehingga, udaranya jauh lebih dingin dibanding daerah lain.

Lantas mana saja daerah terdingin di Indonesia? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 daerah yang memiliki suhu terdingin di Indonesia.

1. Mulia, Papua

Daerah terdingin di Indonesia pertama ada Kota Mulia di Kabupaten Puncak Jayawijaya, Provinsi Papua. Secara letak geografis, Kota Mulia terletak di ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut. Kota Mulia adalah satu-satunya daerah berpenghuni yang ketinggiannya dikelilingi pegunungan Jayawijaya atau Puncak Jaya. Sementara itu, Jayawijaya merupakan puncak tertinggi pertama di Indonesia dengan ketinggian 4.884 mdpl. Suhu dingin di wilayah ini dapat mencapai hingga 9 derajat celcius. Bahkan, suhu di Kota Mulia bisa mencapai titik beku.

Tak hanya itu saja, curah hujan juga terjadi hampir sepanjang tahun. Saking dinginnya, jarang rumah warga yang berbahan semen di Kota Mulia. Bangunan berbahan semen hanya terlihat di perkantoran seperti kantor desa, puskesmas, sekolah dan gedung pelayanan sosial lainnya. Sebagian masyarakat di sana masih menggunakan rumah adat Papua, yakni Hanoi dengan dibuat tanpa jendela agar udara dingin tidak mudah masuk, terutama di malam hari.

2. Waghete, Papua

Daerah terdingin di Indonesia selanjutnya masih di Papua, Kota Waghete. Kota yang terletak di Kabupaten Deiya ini memiliki suhu dingin mencapai 15 derajat celcius di siang hari. Di malam hari, suhu di kota Waghete bahkan bisa mencapai 10 derajat celcius.

3. Mamasa, Sulawesi Barat

Daerah terdingin di Indonesia berikutnya berada di Sulawesi Barat, yakni kota Mamasa. Berada di ketinggian 1.900 mdpl, Kota Mamasa tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah, tapi juga hawa yang sejuk dengan suhu rata-rata 23 derajat celcius. Nuansa sejuk makin terasa di daerah agrowisata dan perkampungan tradisional kota Mamasa.

infografis

4. Ruteng, NTT

Daerah terdingin di Indonesia lainnya ada Ruteng di Nusa Tenggara Timur (NTT). Ruteng sering disebut sebagai Praha dari Indonesia, karena banyak bangunan dengan desain modern di tengah ketinggian wilayahnya yang mencapai 1200 mdpl di sini. Suhu rata-rata harian di Ruteng berkisar sekitar 25 derajat celcius. Namun, suhu terdingin di Ruteng pernah mencapai 10 derajat celcius.

5. Berastagi, Sumatera Utara

Daerah terdingin di Indonesia kelima ada Berastagi. Daerah yang terletak di antara Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung, Sumatera Utara ini masuk wilayah administrasi Kabupaten Karo dan berada di ketinggian 1.300 mdpl. Suhu udara rata-ratanya sering berada di bawah 20 derajat celcius.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

6. Gayo Lues, Aceh

Daerah terdingin di Indonesia berikutnya ada Kabupaten Gayo Lues yang terletak di ketinggian 1.000 mdpl. Suhu di daerah ini juga terbilang dingin karena rata-rata di hari normal saja berada di 24 derajat celcius. Lokasi ini merupakan pendakian menuju Gunung Leuser.

7. Batu, Jawa Timur

Daerah terdingin di Indonesia ketujuh adalah Kota Batu, Jawa Timur. Berada di ketinggian 700 hingga 1.700 mdpl, Kota Batu memiliki suhu udara harian yang sejuk. Suhu rata-rata di Batu berkisar antara 12 hingga 19 derajat celcius. Tak heran jika tempat ini menjadi destinasi wisata sejak zaman Hindia Belanda. Bahkan, orang-orang Belanda jaman dulu menjuluki kota ini sebagai de Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil.

8. Ciwidey, Bandung

Daerah terdingin di Indonesia kedelapan ada di kawasan Ciwidey yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Wilayah ini berada di ketinggian 1.200 mdpl dan terkenal dengan suhunya yang dingin. Baik di pagi, siang, maupun malam hari, suhu udara di Ciwidey tetap dingin, bahkan pernah mencapai 13 derajat celcius.

9. Baturaden, Jawa Tengah

Daerah terdingin di Indonesia kesembilan ada Baturaden, Jawa Tengah. Daerah yang terletak di kaki Gunung Slamet dengan ketinggian 980 mdpl ini memang menjadi salah satu daerah wisata favorit, karena selain pemandangan alamnya yang indah, udara di daerah ini juga sejuk. Suhu rata-ratanya berkisar antara 20 - 28 derajat celcius.

10. Padang Panjang, Sumatera Barat

Daerah terdingin di Indonesia terakhir adalah Padang Panjang di Sumatera Barat. Suhu rata-rata di siang harinya berkisar antara 23-26 derajat celcius. Pasalnya, daerah ini dikelilingi oleh wilayah pegunungan seperti Gunung Singgalang, Merapi, dan Tandikat. Selain itu, kota ini juga terletak di ketinggian hingga 950 mdpl. Tak heran jika udaranya pun sejuk!

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini