Share

5 Fakta Putri Duyung Cottage Terbakar, Hanguskan 3 Pondok dan 2 Mobil

Annastasya Rizqa, Jurnalis · Selasa 23 Agustus 2022 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 23 406 2652858 5-fakta-putri-duyung-cottage-terbakar-hanguskan-3-pondok-dan-2-mobil-LFkQ37F7Wh.jpeg Putri Duyung Ancol di Jakarta Utara (Foto ancol.com)

KEBAKARAN melanda Putri Duyung Cottage Ancol pada, Minggu 21 Agustus 2022. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, tapi tiga cottage atau pondok di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara itu hangus.

Kebakaran mulanya terjadi sekira pukul 17.00 WIB dan baru berhasil dipadamkan 2 jam kemudian. Namun, sehari setelah kebakaran, Putri Duyung Cottage Ancol kembali beroperasi seperti biasa.

“Operasional Ancol dan Putri Duyung Cottage sudah kembali normal," kata Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol, Ariyadi Eko kepada wartawan.

Mengutip dari laman resminya, Putri Duyung Cottage Ancol merupakan satu-satunya resor tepi laut yang ada di Jakarta. Luasnya lebih dari 7 hektar dan langsung berada di pesisir laut Ancol. Nuansa tropis yang teduh serta sambutan deburan ombak akan membuat suasana yang memanjakan diri.

Putri Duyung Resort Ancol telah menjadi tempat tujuan favorit untuk liburan keluarga Indonesia sejak 1975. Ada 131 cottages dengan nuansa dan arsitektur berbeda-beda di Putri Duyung Resort Ancol. Dilengkapi juga dengan Infinity Pool atau kolam renang tepi laut, Pirates ship kiddy pool atau kolam renang anak berbentuk kapal bajak laut, hingga kids playground.

Berikut fakta-fakta terkait kebakaran Putri Duyung Cottage.

1. Kebakaran Merembet karena Angin Kencang

Menurut Ariyadi Eko, kebakaran mulanya terlihat sekira pukul 17.00 WIB di satu cottage di Putri Duyung Ancol, kemudian api cepat merembet akibat kencangnya angina di lokasi sehingga menghanguskan dua pondok lainnya dan dua mobil. Tapi, tim pemadam kebakaran (damkar) berhasil memutuskan dan menjinakkan api agar tak menjalar lebih luas.

“Kondisi angin cukup kencang merembet ke dua unit (cottage) di sebelahnya,” kata Eko.

2. Tiga Cottage Terbakar 

Total tiga cottage terbakar di Putri Duyung Ancol adalah Paus Suite 100, Paus Suite 200, dan Paus Suite 300. Kemudian dua mobil yang terbakar adalah milik wisatawan. Pemiliknya tidak ada di lokasi saat kebakaran terjadi.

3. Putri Duyung Cottage Gelap Gulita 

Setelah kebakaran terjadi, suasana di Putri Duyung Cottage gelap gulita. Petugas memadamkan listrik di kawasan wisata itu. "Supaya tidak ada korsleting listrik merembet ke bangunan lain, jadi dimatikan aliran listrik untuk yang di resort Putri Duyung," kata petugas keamanan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. Mengerahkan Belasan Unit Damkar

Untuk memadamkan kebakaran di Putri Duyung Cottage, total dikerahkan 17 unit mobil damkar dan 79 personel. Api pun mulai bisa dikendalikan pukul 18.15 WIB dan dinyatakan seleai pemadaman pukul 19.25 WIB.

 Ilustrasi

5. Penyebab Kebakaran

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan bahwa penyebab kebakaran Putri Duyung Cottage dan total jumlah kerugian belum diketahui secara pasti. “Masih dalam proses penyelidikan bersama aparat kepolisian,” katanya, Senin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini