Share

Mengenal Kepulauan Derawan, Destinasi Cantik yang Tertera di Uang Baru Pecahan Rp20.000

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Rabu 24 Agustus 2022 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 23 408 2653032 mengenal-kepulauan-derawan-destinasi-cantik-yang-tertera-di-uang-baru-pecahan-rp20-000-Z7o7FDgd9H.jpg Kepulauan Derawan di Berau, Kalimantan Timur (Instagram @derawantrip)

KEPULAUAN Derawan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur tertera di uang kertas rupiah terbaru pecahan Rp20.000 yang dirilis Bank Indonesia. Gambar Pulau Derawan yang terkenal dengan keindahan alam bawah laut dan habitat penyu tampil di bagian belakang uang kertas itu.

Selain Kepulauan Derawan, pada sisi bagian belakang uang baru pecahan Rp20.000 juga tertera gambar penari Gong, tarian tradisional suku Dayak dan bunga anggrek hitam, tanaman endemik yang langka dari Papua.

Mari mengenal Kepulauan Derawan yang terdapat di uang baru pecahan Rp20.000.

 BACA JUGA:Serunya DJ Yasmin Bertemu Lumba-Lumba di Kepulauan Derawan

Lokasi

Kepulauan Derawan secara administratif berada di Kabupaten Berau. Sedangkan secara geografis letaknya berada di timur Pulau Kalimantan dan di selatan Selat Makassar.

Kepulauan Derawan merupakan destinasi wisata eksotis yang menyajikan keindahan dan surge alam bawah laut. Juga terkenal sebagai habitat spesies dilindungi seperti penyu hijau dan penyu sisik. Kemudian hiu paus, ikan terbesar di dunia juga sering muncul. Bahkan wisatawan bisa berenang bareng hiu tersebut.

 Ilustrasi

Menyelam bersama ubur-ubur di Kepulauan Derawan (Indonesia Travel)

Ada empat pulau terkenal di Kepulauan Derawan, yaitu Pulau Maratua, Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, dan Pulau Kakaban.

Rute

Untuk bisa sampai ke objek wisata yang keindahannya bak surga dunia ini anda bisa memilih antara rute darat atau rute udara. Jika melewati rute darat, anda harus menuju Tanjung Redep untuk kemudian menuju Pelabuhan Tanjung Batu. Setelah itu dilanjutkan menggunakan speedboat ke Kepulauan Derawan.

 BACA JUGA:Serunya Liburan di Kepulauan Derawan, Berenang Bareng Hiu hingga Menikmati Labuan Cermin

Sementara jika anda memilih menggunakan rute udara anda bisa mengambil penerbangan menuju Balikpapan lalu memilih jalan lewat Berau atau Tarakan.

Daya tarik

Daya tarik dari Kepulauan Derawan adalah pesona wisata bawah lautnya yang indah. terumbu karang yang adai di bawah laut i Kepulauan Derawan memang terlihat indah, bahkan tak kalah indah dari pesona bawah laut Kepulauan Raja Ampat.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Selain terumbu karang yang indah, Kepulauan Derawan juga masih asri sehingga keanekaragaman hayatinya masih terjaga. Disini anda bisa melihat banyak biota laut, seperti ubur-ubur, hiu paus, lumba-lumba, duyung, kepiting kelapa, dan lain-lain.

Tak hanya itu saja, Kepulauan Derawan yang diekanl dengan pasir putihnya yang indah juga menjadi habitat dari beberapa jenis penyu yang sudah langka dan terancam punah, yaitu penyu sisik dan penyu hijau.

Kegiatan yang bisa dilakukan

Dilansir dari laman Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, ada beberapa kegiatan yang bisa anda lakukan di sini, seperti:

 

• Bersepeda mengelilingi pulau

• Bermain pasir pantai yang putih bersih

• Menikmati pemandangan sunset

• Berkunjung ke Gusung Pasir Sanggalau

• Snorkling

• Melihat habitat penyu

Tiket masuk

Biaya masuk ke kawasan wisata ini masih gratis. Namun jika anda membawa kendaraan pribadi akan dikenakan tarif parkir. Selain itu, jika anda ingin menikmati snorkling atau menyewa speedboat akan dikenakan biaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini