Share

Ini Alasan Kenapa Harga Makanan yang Dijual di Kereta Api Lebih Mahal

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Sabtu 27 Agustus 2022 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 25 406 2654634 ini-alasan-kenapa-harga-makanan-yang-dijual-di-kereta-api-lebih-mahal-hMg9qRJ5Sz.jpeg Kereta api (KAI)

MENGAPA harga makanan yang dijual di kereta api lebih mahal? Pertanyaan tersebut kerap kali muncul dibenak penumpang moda transportasi massal ini.

Bagaimana tidak, banyak penumpang yang beranggapan harga yang diberikan lebih mahal daripada beli di restoran pada umumnya. Lantas, apa alasan harga makanan yang dijual di kereta api lebih mahal?

Alasan Mengapa Harga Makanan yang Dijual di Kereta Api Lebih Mahal

Perlu diketahui bahwa makanan yang ada di atas kereta api adalah produk PT. Kereta Api Indonesia (KAI) sendiri dan ada kerja sama dengan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Terkait harga makanan pun ternyata telah ditentukan oleh UMKM sendiri.

Tak hanya itu, tentunya karena berada di atas kereta yang terus berjalan dan hanya berhenti untuk menurunkan penumpang di stasiun-stasiun yang dilewatinya, penumpang harus sadar bahwa akses makanan terbatas.

Oleh sebab itu, harga makanan yang ditawarkan di atas kereta lebih mahal daripada yang bisa dibeli di rumah makan atau restoran umumnya.

Makanan yang ditawarkan di kereta pun pilihan dan bukan kewajiban untuk para penumpang membeli jika tak ingin membelinya.

Para penumpang juga tetap dibebaskan untuk membawa bekal makanan dari luar ke dalam kereta selama perjalanan. Sehingga bisa lebih berhemat dan menyesuaikan dengan dana yang dimiliki.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Maka dari itu, faktor yang menyebabkan harga makanan di kereta api mahal disebabkan oleh faktor aksesibilitas yang terbatas juga harga telah ditentukan oleh UMKM selaku produsen itu sendiri.

Untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan terutama syok terkait harga makanan yang ada di kereta api, sebisa mungkin para penumpang membawa bekal makanan sendiri.

Namun, jika ingin mencobanya, dapat bertanya terkait harga dari menu makanan yang tersedia terlebih dahulu. Atau melihat harga menu makanan dan minuman di kereta api melalui aplikasi LokoMart atau mengakses lokomart.id.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini