Share

Jajal Kuliner Khas Bali, Yuk Sambangi Festival Dewi Klungkung Culinary

Antara, Jurnalis · Sabtu 27 Agustus 2022 01:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 26 301 2654821 jajal-kuliner-khas-bali-yuk-sambangi-festival-dewi-klungkung-culinary-jH9CxN4c2l.JPG Festival Dewi Klungkung Culinary (Foto: Pemkab Klungkung)

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Klungkung, Bali, menyatakan penyelenggaraan Festival Dewi (Desa Wisata) Klungkung Culinary merupakan ajang untuk mempromosikan kuliner khas lokal di daerah ini.

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta mengatakan, seluruh rangkaian acara Festival Dewi Klungkung Culinary akan dilaksanakan di Pantai Tegal Besar, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, pada 26 sampai 28 Agustus 2022.

Penyelenggaraan festival tersebut ditargetkan dapat memberikan dampak ekonomis yang lebih signifikan terhadap para pelaku usaha kuliner dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang selama ini mengalami kekurangan pendapatan.

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh lapisan masyarakat Klungkung untuk datang dan menikmati kuliner khas Klungkung.

"Festival Dewi Wisata Klungkung diharapkan dapat mempererat hubungan seluruh desa wisata yang ada di Klungkung untuk terus bersinergi memajukan desa wisata di Kabupaten Klungkung," katanya saat meninjau persiapan Festival Desa Wisata Klungkung di Pantai Tegal Besar, Desa Negari, Klungkung.

Ia berharap panitia dan masyarakat yang mengikuti festival tersebut dapat menciptakan situasi yang kondusif agar seluruh rangkaian acara Festival Dewi Klungkung Culinary tersebut berjalan lancar.

Kegiatan Festival Dewi Klungkung Culinary tersebut diinisiasi oleh Forum Komunikasi Desa Wisata Klungkung yang rencananya akan digelar selama tiga hari mulai 26 sampai 28 Agustus 2022.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Sementara itu, Pejabat Fungsional Pranata Hubungan Masyarakat Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Klungkung, Ketut Suryanada menyatakan, kegiatan yang digelar tersebut merupakan pertama kali dilaksanakan di Klungkung yang bertujuan memperkenalkan kuliner khas masing-masing desa wisata di daerah ini.

Pergelaran festival ini, kata dia, akan dimeriahkan pertunjukan musik oleh belasan musisi kondang di Bali. Setidaknya ada 16 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dari masing-masing desa wisata di Klungkung yang akan ikut berpartisipasi dalam festival diberi tajuk 'Tegalsari Negari Energy of the Sea'.

"Pokdarwis masing-masing desa wisata akan diberikan stan yang akan ditempati para anggota dengan tawaran kuliner khasnya masing-masing," kata dia.

Adapun sejumlah menu khas yang akan dipamerkan dalam festival tersebut adalah menu khas Klungkung, yakni babi guling mek subur, babi kriuk mek sunadri, bebek goreng nyalian, lawar bebek tepi carik, betutu bakas, nila nyatyat bakas, nasi sela aan, laklak secret waterfall, lawar cumi akah, ayam srobsob, ikan bakar, sop kepala ikan, dan sate be pasih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini