Share

Mengenal Tradisi Sedekah Bumi di Banjarnegara, Ada Tumpeng Raksasa

Elis Novit, Jurnalis · Sabtu 27 Agustus 2022 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 26 406 2654994 mengenal-tradisi-sedekah-bumi-di-banjarnegara-ada-tumpeng-raksasa-4ePBy6kjdf.jpg Tradisi Sedekah Bumi di Banjarnegara (dok MPI/Elis N)

RATUSAN warga rebutan tumpeng raksasa setinggi 7,7 meter dalam acara sedekah bumi yang digelar di Desa Kalilunjar, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara.

Tradisi sekaligus untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77.

Warga sangat antusias mengikuti prosesi rebutan tumpeng raksasa di halaman Kantor Desa Kalilunjar.

infografis

Selain berisi nasi putih, nasi merah, nasi jagung dan aneka sayuran hasil bumi, tumpeng raksasa juga berisi uang dengan total jutaan rupiah.

Sebelum berebut tumpeng, dilakukan prosesi kirab pusaka dan boyong oyot genggong dari kantor kelurahan lama menuju kantor desa baru sejauh 1 kilometer.

Follow Berita Okezone di Google News

Oyot genggong merupakan akar dari pohon genggong yang memiliki diameter besar menyerupai alat musik gong dalam gamelan. Prosesi ini berlangsung turun temurun menjadi simbol desa.

โ€œDalam kirab, warga juga membawa aneka lauk pauk yang disantap bersama-sama di kantor desa,โ€ kata Kepala Desa Kalilunjar, Slamet.

Tradisi turun temurun ini terus digelar dengan harapan dapat menjadi destinasi wisata desa yang menonjolkan potensi budaya dan kearifan lokal. Sekaligus menjadi ajang silaturahmi antar warga desa.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini