Share

Menengok Desa Wisata Mulyaharja, Serpihan Surga yang Tersisa di Kota Hujan

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 27 Agustus 2022 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 26 408 2655038 menengok-desa-wisata-mulyaharja-serpihan-surga-yang-tersisa-di-kota-hujan-w69RuRia3S.JPG Desa Wisata Mulyaharja, Bogor, Jawa Barat (Foto: MNC Portal/Kevi Laras)

WISATA alam yang mengembangkan keunggulan di desanya yaitu Desa Wisata Mulyaharja. Desa yang terletak di Bogor bernama Mulyaharja ini, kini menjadi sorotan karena Agro Eduwisata Organiknya (wisata edukasi bercocok tanam).

Sebagaimana disebut Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, selain menjadi Ubud-nya Bogor. Desa ini dijuluki surga yang tersisa di kota hujan.

"Surga yang tersisa di sini begitu banyak membuat anda akan jadi terpesona," ucap Wali Kota Bima Arya kepada MNC Portal belum lama ini.

Desa wisata yang memanjakan mata dengan hijau hamparan sawah. Membuat diri merasa rileks seketika, belum lagi panorama gunung nan indah di sekelilingnya.

Desa Wisata Mulyaharja
(Foto: MNC Portal/Kevi Laras)

Wisata bukan hanya bercocok tanam, tapi juga menyajikan keunikan seperti pertambangan ikan dan peternakan yang menjadi lahan pencarian warga setempat. Meski lokasinya di desa, wisatawan tersedia paket liburan menginap bersama pasangan atau keluarga sampai acara kantor atau study tour anak sekolah.

Para wisatawan bukan menginap di hotel berbintang, melainkan hidup bersama warga setempat (homestay). Adanya pemandangan alam dan saung-saung ala Sunda di tengah sawah, menambah kesan liburan wisata alam dan edukasi terasa kental.

"Untuk desa wisata di Agro Eduwisata Mulyaharja lebih menonjolkan wisata alam yaitu wisata inovasi pertanian. Di mana memang sejak dari awal terbentuknya pada tahun 2017 wisata edukasi pertanian," ungkap Manager Operasional Desa Wisata Mulyaharja, Kifin Ramadan.

Follow Berita Okezone di Google News

Desa Mulyaharja juga menyajikan inovasi seperti adanya Coffee Shop atau selayaknya mini kafe. Menambah kesan nyentrik karena spotnya di tengah sawah, ditambah spot untuk berswafoto.

Adanya layanan tracking atau berjalan untuk menyusuri alamnya Desa Mulyaharja, tentunya didampingi oleh ahlinya. Bahkan juga ada wisata kuliner, memang memanfaatkan usaha masyarakat setempat dan adanya edukasi bercocok tanam.

"Harga untuk jumlah homestay yang disediakan dari Desa mulyaharja ini sekitar 30 rumah. Menampung kurang lebih 200 wisatawan untuk harganya perorangan, dimulai dari 30 ribu di luar makan, dll akan ditambahkan untuk satu orang include 2 hari 1 malam sekitar 250-an per orang," jelasnya

"Sebagai pelengkapnya kami melengkapi adanya wisata tracking, wisata kuliner, Coffee Shop sampai menangkap ikan dan lainnya yang tersedia di sini," tambahnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini