Share

Mengenal Suku Paloh, Suku Paling Misterius Penghuni Kota Gaib Modern di Indonesia

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 28 Agustus 2022 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 27 406 2655671 mengenal-suku-paloh-suku-paling-misterius-penghuni-kota-gaib-modern-di-indonesia-ygphwhm8UX.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

PERNAH mendengar suku Paloh? Ini dipercaya sebagai salah satu suku gaib di Indonesia. Mereka disebut-sebut mendiami hutan Desa Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar) atau dekat perbatasan Malaysia.

Meski keberadaannya masih misterius, menurut cerita legenda, suku Paloh hidup di permukiman moderen di dalam hutan Sambas. Mereka mendirikan kerajaannya di wilayah tersebut dan punya peradaban yang maju layaknya manusia modern.

 BACA JUGA:7 Kisah Misteri di Cadas Pangeran Sumedang, Hantu Tanpa Kepala hingga Trisula Gaib

Sosok mereka digambarkan berwujud seperti manusia pada umumnya, tapi hanya orang yang punya kemampuan khusus saja yang bisa melihatnya.

Konon, jika seseorang kebetulan melihat penampakan wilayah gaib yang dihuni suku Paloh, maka akan tampak sebuah wilayah seperti kota modern. Padahal tempat itu adalah hutan belantara dan wilayah konservasi.

Nama suku Paloh mencuat dan ramai diperbicankan setelah pesawat TNI Angkatan Udara hilang misterius pada tahun 70-an.

Kemudian ada seorang ahli spritual mengatakan bahwa pesawat berserta semua penumpangnya diselamatkan oleh suku Paloh dan kemudian menetap di Negeri Paloh, meski wujudnya tak kelihatan.

Follow Berita Okezone di Google News

Legenda soal suku Paloh memang belum bisa dibuktikan secara ilmiah.

Tapi, ada juga warga yang percaya bahwa hilangnya orang di sekitar hutan tersebut karena diculik oleh orang Paloh lalu diajak main di negeri mereka hingga lupa pulang.

 Ilustrasi

Ada beberapa yang berhasil kembali keluar hutan, maka itu diyakini atas kehendak suku Paloh yang melepaskannya lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini