Share

Sandiaga Upayakan Penerbangan Internasional Langsung ke Labuan Bajo, Wisman Tak Perlu Transit

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 29 Agustus 2022 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 29 406 2657015 sandiaga-upayakan-penerbangan-internasional-langsung-ke-labuan-bajo-wisman-tak-perlu-transit-Mfmhqfxy1x.jpg Menparekraf Sandiaga Uno (Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berupaya membuka jalur penerbangan internasional langsung ke Bandara Komodo di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal itu untuk memudahkan wisatawan terutama dari mancanegara berkunjung ke Labuan Bajo yang merupakan satu dari lima Destinasi Super Prioritas. Selama ini turis yang ingin ke Labuan Bajo harus transit dulu di kota lain.

 BACA JUGA:Raja Ampat Dipersiapkan Jadi Destinasi Berkualitas dan Berkelanjutan Seperti Labuan Bajo

Menurut Sandiaga, pihaknya sudah menjajaki penerbangan langsung ke Labuan Bajo dengan beberapa maskapai internasional. Di antaranya adalah AirAsia dan Jetstar.

"Kami berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk membuka jalur penerbangan internasional dan sudah ada minat. Salah satunya yaitu dari AirAsia, mungkin Jetstar yang akan kami kembangkan ke depan," ujar Sandiaga dalam Weekly Press Briefing with Sandi Uno secara virtual, Senin (29/8/2022).

 Ilustrasi

Selama ini penerbangan langsung ke Labuan Bajo hanya rute domestik yang dilayani oleh Lion Group dan Garuda Indonesia Group.

 BACA JUGA:Sandiaga Uno: Akan Banyak Event Kelas Dunia di Labuan Bajo

Sedangkan wisatawan dari mancanegara harus transit dulu di bandara lain, sebelum melanjutkan ke Labuan Bajo dengan maskapai domestik. Jika dari Singapura bahkan transitnya bisa lebih sekali.

Pemerintah terus berupaya meningkatkan fasilitas serta infrastruktur pariwisata di Labuan Bajo termasuk akses wisatawan. Kapasitas Bandara Komodo juga diperluas.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Pada 21 Juli 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan perluasan Bandara Komodo. Perluasannya mencakup penambahan panjang landasan pacu (runway) pesawat sepanjang menjadi 2.650 meter. Tapi, Jokowi minta ditambah lagi panjang runwaynya 100 meter.

"Sehingga pesawat-pesawat dan penerbangan langsung dari mancanegara bisa langsung turun di Labuan Bajo," kata Jokowi.

 

Dengan diperluasnya kapasitas Bandara Komodoi, Jokowi berharap kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo bisa mencapai target 1 juta orang.

Menurut Sandiaga, Bandara Komodo kini sudah digunakan secara reguler sebagai pintu masuk ke Labuan Bajo. “Penambahan kapasitasnya bisa menampung 1,1 juta penumpang," ujar Sandiaga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini