Share

7 Tempat Wisata di Kepualaun Mentawai, Surga Bahari Favorit Peselancar Dunia

Annastasya Rizqa, Jurnalis · Rabu 31 Agustus 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 30 408 2657558 7-tempat-wisata-di-kepualaun-mentawai-surga-bahari-favorit-peselancar-dunia-aEIvZnxwQa.jpg Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat (Foto: Loft Asia)

KEPULAUAN Mentawai di Sumatera Barat sempat diguncang gempa dengan magnitudo 6,4, pada Senin 29 Agustus 2022 pukul 10.29 WIB, menyebabkan sejumlah bangunan rusak dan ribuan orang mengungsi. Meski tak berpotensi tsunami, banyak warga lari ke perbukitan.

Kepulauan Mentawai yang berada di tengah Samudera Hindia menawarkan pemandangan indah dan menakjubkan. Pantainya yang berpasir putih dan bersih bisa menanjakan mata wisatawan.

Menawai juga memiliki alam bawah laut yang indah, lokasi favorit untuk diving maupun snorkeling. Bagi yang suka selancari, Mentawai ada surganya. Banyak peselancar dunia datang untuk menaklukkan ombak Mentawai.

BACA JUGA: Kebudayaan Desa di Mentawai bak Berlian, Butuh Dipoles untuk Memikat Wisatawan

Dijuluki sebagai surga wisata bahari, Pulau Mengawai memiliki banyak tempat wisata yang layak untuk dinikmati, terutama pantai. Tapi ada juga air terjun, taman, bahkan danau. Masyarakat Mentawai juga punya tradisi unik.

Berikut 7 rekomendasi tempat wisata di Kepulauan Mentawai.

1. Pantai Jati

Pertama ada Pantai Jati. Pantai ini berlokasi di Dusun Jati , Tuapejat Sipora Utara Kepulauan Mentawai. Jika berkunjung ke sini, kamu akan dimanjakan dengan indahnya ombak biru dan pasir putih yang hangat.

 Ilustrasi

Turis mancanegara di Mentawai (Okezone)

Tak cuma lautan, pegunjung juga bisa menikmati pemandangan pepohonan yang indah. Lokasi Pantai Jati ini juga hanya berjarak 700 meter dari Dermaga Tuapejat.

2. Pulau Aloita

Selanjutnya ada Pulau Aloita. Ini juga merupakan destinasi menarik jika kamu berkunjung ke Kepulauan Mentawai.

Pulau Aloita berjarak 15 menit jika kamu berada di Dermaga Tuapejat. Nantinya kamu akan disambut dengan hamparan pasir putih dan pantai dengan air yang jernih.

 BACA JUGA:Tradisi Unik Meruncingkan Gigi, Simbol Kecantikan Wanita Suku Mentawai

3. Pantai Mapadeggat

Selanjutnya ada Pantai Mapadeggat. Pantai ini merupakan salah satu surga bagi para peselancar dunia.

Ombak di pantai ini terkenal indah dan cocok untuk olahraga surfing. Pantai Mapadeggat hanya berjarak sekitar 5 kilometer dari Dermaga Tuapejat.

 

4. Air Terjung Kulu Kubuk

Tak cuma pantai, Kepulauan Mentawai juga memiliki destinasi wisata air terjun, yakni Kulu Kubuk. Air terjun ini berlokasi di Desa Madobak.

Tak kalah dengan pantai, pemandangan di Air Terjun Kulu Kubuk juga bisa memanjakan mata para pengunjung. Deburan suara air bisa menenangkan pikiran setelah penat bekerja.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

5. Taman Patung Sikerei

Selanjutnya ada Taman Patung Sikerei. Tempat ini cocok kamu kunjungi jika bosan berwisata air di Kepulauan Mentawai.

Di taman ini, kamu akan menemui Patung Sikerei, tokoh penting di Kepulauan Mentawai. Lokasi tempat wisata ini memiliki jarak tempuh sekitar 30 menit dari Dermana Tuapejat.

6. Danau Rua Oinan

 

Ingin berwisata dengan nuansa yang teduh dan penuh pepohonan? Danau Rua Oinan maka jadi opsi yang tepat untuk kamu saat berkunjung ek Kepulauan Mentawai.

 Ilustrasi

Danau ini berada di tengah-tengah hutan yang dipenuhi dengan pohon-pohon rindang dan sejuk. Selain itu, Danau Rua Oinan sendiri memiliki air yang jernih dan bisa memanjakan mata.

7. Air Terjun Pajujurung

Satu kagi tempat wisata di Kepulauan Mentawai ialah Air Terjun Pajujurung. Air terjun ini terletak di Desa Goiso Oinan dan memiliki pemandangan yang sejuk dan indah.

Saat sampai, pengunjung akan disuguhkan dengan rindangnya pepohonan dan juga jernihnya air terjun. Tak heran jika destinasi ini ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini