Share

Makin Bangga, Ini 6 Fakta Unik Indonesia di Mata Dunia!

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 01 September 2022 21:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 31 406 2658430 makin-bangga-ini-6-fakta-unik-indonesia-di-mata-dunia-fm6mOk648P.jpg Candi Borobudur di Jawa Tengah adalah kuil Buddha terbesar di dunia (Indonesia Travel)

SEDIKITNYA ada 6 fakta unik dan menarik Indonesia di mata dunia. Indonesia memang punya keunikan yang beragam serta kekayaan alamnya yang luas. Tak heran bila Nusantara ini mengundang daya tarik bangsa luar.

Indonesia juga dikenal memiliki bahasa daerah terbanyak sehingga menarik di mata dunia internasional.

Namun, sebenarnya ada beberapa keunikan lain di Indonesia yang belum banyak diketahui orang, bahkan penduduk Indonesia sendiri.

 BACA JUGA:Mengenal Tradisi Unik Suku Polahi Gorontalo, Boleh Nikahi Saudara Kandung

Berikut 6 fakta Unik dan menarik Indonesia di mata dunia dirangkum dari Instagram Peponi:

1. Candi Buddha terbesar di dunia

Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah merupakan kuil Buddha terbesar di dunia dengan 1.460 relief pada dinding, juga menjadi salah satu koleksi relief Buddha paling lengkap di dunia.

Candi ini memiliki 504 patung Buddha dan menjadikannya sebagai tempat ziarah rohani bagi umat Buddha.

2. Rumah dari kadal terbesar di dunia

Komodo Dragon adalah kadal terbesar di dunia yang dapat tumbuh hingga 3 meter panjangnya. Hewan ini hanya dapat ditemukan di 5 pulau di Indonesia yaitu Pulau Padar, Gili Motang, Flores, Rinca, dan tentu saja Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Kawasan ini juga kini menjadi salah satu primadona wisata Indonesia yaitu Labuan Bajo.

 BACA JUGA:Tradisi Unik Meruncingkan Gigi, Simbol Kecantikan Wanita Suku Mentawai

3. Danau vulkanik terbesar di dunia

Danau Toba di Sumatera Utara adalah danau vulkanik alami terbesar di dunia. Danau ini sangat raksasa dan terukur kedalamannya mencapai 500 meter, dengan panjang 100 km dan lebar 30 km.

Ilustrasi

Danau Toba (Okezone.com/Pradita)

Danau Toba diperkirakan merupakan lokasi dari erupsi monster yang terjadi 70 ribu tahun lalu, yang memusnahkan mayoritas manusia pada waktu itu.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Puncak pulau tertinggi di dunia

Puncak Jaya atau dikenal dunia dengan Cartenz Pyramid memiliki tinggi 4.884 meter di atas permukaan laut, berlokasi di Pulau Guinea Baru (New Guinea), pulau terbesar kedua di dunia. Hal ini membuatnya sebagai puncak dari sebuah pulau tertinggi di dunia.

Puncak ini dinobatkan sebagai salah satu dari World Seven Summit (7 Puncak Dunia). Puncak ini berada di Provinsi Papua sehingga menjadi satu-satunya tempat di Indonesia yang memiliki salju.

 Ilustrasi

5. Berada di wilayah cincin api pasifik

Secara geografis, Indonesia berada di wilayah lingkaran api pasifik atau cincin api pasifik yang bersambung dari Chili ke Jepang dan Asia Tenggara.

Wilayah ini dimana merupakan pertemuan 3 lempeng tektonik dunia seperti Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempek Pasifik. Hal ini membuat Indonesia berada di jalur gempa teraktif di dunia.

6. Negara dengan bahasa terbanyak kedua di dunia

Indonesia memang punya banyak sekali bahasa yang digunakan di seluruh kepulauan, dengan Bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi dari tanah air. Terdapat 707 bahasa yang ada di Indonesia, menempati posisi kedua dunia di bawah Papua Nugini dengan 840 bahasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini