Share

4 Suku Gaib di Indonesia Penuh Misteri, Nomor 2 Bisa Terbang

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 02 September 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 01 406 2659088 4-suku-gaib-di-indonesia-penuh-misteri-nomor-2-bisa-terbang-CElrI1xBOE.jpg Ilustrasi (Yorkshirerepost)

SUKU gaib dipercaya ada di Indonesia, meski keberadaannya masih misteri. Mereka disebut dalam cerita-cerita rakyat yang melegenda. Digambarkan sebagai penghuni kota-kota gaib.

Sedikitnya ada empat suku gaib yang sering menjadi perbincangan. Bahkan sebagian ada yang penasaran, dan nekad untuk mencari tahu keberadaannya. Suku-suku itu sering dikaitkan dengan kejadian mistis maupun mitos.

Berikut empat suku gaib di Indonesia :

1. Suku Paloh

Konon suku gaib Paloh mendiami pedalaman hutan di Desa Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar) atau cukup dekat dengan perbatasan wilayah Malaysia.

 BACA JUGA:Mengenal Suku Paloh, Suku Paling Misterius Penghuni Kota Gaib Modern di Indonesia

Suku Paloh disebutkan mendirikan kerajaannya di wilayah tersebut, dan katanya sangat besar. Serta hanya orang-orang tertentu atau tidak sembarangan, saja yang bisa mengakses tempat ini. Selain itu, suku gaib ini juga memiliki peradaban yang hampir sama dengan manusia.

 

Tak hanya itu saja, Suku Paloh juga disebut-sebut memiliki peradaban yang maju dan modern. Jika seseorang kebetulan melihat penampakan wilayah gaib yang dihuni suku tersebut, maka akan nampak sebuah wilayah seperti kota paling modern. Padahal tempat itu adalah hutan belantara.

2. Suku Bati

Suku Bati konon mendiami Pulau Seram, Maluku. Orang bati digambarkan sebagai manusia kelelawar yang bisa terbang. Mereka memangsa hewan bahkan anak kecil sebagai makanannya.

Konon mereka tinggal di gunung dan baru keluar begentayangan saat matahari sudah tenggelam.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Suku Bunian

Suku Bunian konon mendiami wilayah hutan Sumatera Barat. Banyak mitos yang beredar, katanya kelompok ini sengaja meninggalkan rumahnya sampai kosong. Kemudian mereka akan kembali lagi dan muncul, di saat senja tiba.

Lalu apa tandanya mereka ada? Jika tercium aroma kentang goreng tandanya orang Bunian ini telah muncul kembali. Tepatnya saat sore hari atau senja datang.

Cerita mistis juga tak terlepas dari kelompok misterius ini. Menurut isu yang beredar, Suku Bunian ini kerap menyesatkan siapa saja yang masuk ke dalam hutan.

 Ilustrasi

4. Suku Limun

Suku Limun disebut menghuni hutan Kalimantan Barat. Menurut cerita legenda, suku Limun adalah bagian dari bangsa jin Islam. Bahkan ada yang menyebut kelompok misterius ini sering membagikan harta kepada manusia.

Tak hanya di Kalimantan Barat, suku Limun juga konon ada di Padang, Sumatera Barat. Di dua provinsi inilah mereka tinggal, akan tetapi kebenaran dan keberadaannya masih tanda tanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini