Share

10 Destinasi Wisata Populer di Indonesia yang Sudah Mendunia, Wakatobi hingga Rinjani

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 02 September 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 01 408 2659036 10-destinasi-wisata-populer-di-indonesia-yang-sudah-mendunia-wakatobi-hingga-rinjani-D8vcYWqYLW.jpg Piaynemo, Raja Ampat, Papua Barat (Instagram @goatsontheroad)

SEDIKITNYA ada 10 destinasi wisata di Indonesia yang sudah mendunia. Pesonanya menakjubkan sehingga mengundang daya taris banyak turis mancanegara.

Indonesia memiliki beragam destinasi wisata baik pantai, hutan, gunung, danau, situs sejarah, cagar budaya, dan lainnya. Sebagian di antaranya bukan hanya populer di kalangan wisatawan nusantara, tapi juga dunia.

Nah, berikut 10 destinasi wisata di Indonesia yang terkenal sudah mendunia.

 BACA JUGA: 10 Destinasi Wisata Alam di Papua Barat yang Wajib Dikunjungi, Bukan Hanya Raja Ampat

1. Kepulauan Wakatobi

Kepulauan Wakatobi di Sulawesi Tenggara menyimpan 750 dari 820 jenis terumbu karang yang tersebar di seluruh dunia. Wakatobi sudah ditetapkan sebagi Cagar Biosfer Bumi ke-8 oleh UNESCO. Penetapan tersebut tentu membuat keindahan Wakatobi terkenal hingga ke mancanegara.

 Ilustrasi

Menyelam di Wakatobi

2. Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan yang indah bak surga dunia ini muncul dalam uang rupiah baru pecahan Rp20.000 ribu emisi 2022. Kepulauan Derawan di Berau, Kalimantan Timur sangat mashyur akan keindahan alam dan biota lautnya.

3. Kepulauan Raja Ampat

Gugusan kepulauan yang saling berdekatan menjadi salah satu daya pikat dari wisata yang satu ini. Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat sudah begitu terkenal ke dunia.

Tak hanya gugusan kepulauannya saja, Raja Ampat juga terkenal akan kejernihan air lautnya, pasir putih pantainya, hingga keanekaragaman hayatinya. Ada spot diving terbaik di dunia lho.

 BACA JUGA: 11 Destinasi dengan Bentang Alam Terindah Paling Pas Buat Healing

4. Taman Nasional Bali Barat

Pulau Bali bisa dikatakan sebagai salah satu wilayah di Indonesia yang kehidupan wisatanya tidak pernah padam. Bali memiliki keindahan alam serta budaya yang menakjubkan. Salah satu wisata yang paling terkenal di Bali adalah Taman Nasional Bali Barat yang menyajikan sabana, pantai, dan juga hutan.

5. Sumba

Tak jauh berbeda dengan Bali, di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, Anda juga bisa menemukan serangkaian panorama alam yang susah untuk dilewatkan.

Ilustrasi

Pantai di Sumba

Turis asing pun jatuh cinta dengan keindahan pantai, air terjun, bahkan budaya Sumba. Tak heran jika Sumba menjadi salah satu daerah yang terkenal di kalanga turis asing.

6. Gunung Bromo 

Gunung Bromo di Jawa Timur juga sangat memikat. Keindahan Gunung Bromo dengan hamparan padang bunga, padang pasir, dan kebudayaan tradisional warganya bahkan menarik perhatian dunia.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

7. Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu warisan budaya leluhur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Bangunan yang megah ini telah tercatut sbeagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO pada 1991.

8. Kawah Ijen

Kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur juga jadi favorit wisatawan. Daya Tarik utamanya adalah blue fire atau api biru yang hanya ada dua di dunia. Selain di Kawah Ijen, fenomena tersebut ada di Islandia.

 Ilustrasi

9. Lombok Mandalika

Sejak perhelatan MotoGP Mandalika 2022 lalu, pamor wisata Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat semakin mendunia. Selain wisata pantainya, di Mandalika, Anda juga bisa berkunjung ke desa wisata dan perbukitan yang indah.

10. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani setinggi 3.726 MDPL merupakan gunung api tertinggi kedua di Indonesia. Kehadiran Danau Segara Anak semakin menambah pesona gunungg ini. Tak heran jika banyak pendaki dari seluruh dunia menjadikan Gunung Rinjani sebagai salah satu gunung favorit. (sal)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini