Share

Mantap! Jumlah Wisman ke Babel Mulai Meningkat, Angin Segar bagi Pariwisata

Antara, Jurnalis · Senin 05 September 2022 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 05 406 2660862 mantap-jumlah-wisman-ke-babel-mulai-meningkat-angin-segar-bagi-pariwisata-oHlokzyOxj.JPG Pulau Batu Garuda, Belitung (Foto: Instagram/@yogy_trianda)

BADAN Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berwisata ke Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada Juli 2022 sebanyak 295 atau meningkat 18,47 persen dibandingkan bulan sebelumnya sebanyak 249 orang.

"Kunjungan wisman ke Pulau Belitung meningkat paling signifikan mencapai 11,96 persen," kata Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel, Toto Haryanto Silitonga, mengutip Antara.

Ia mengatakan, wisman cenderung memilih untuk menginap di hotel berbintang lebih lama dibandingkan wisatawan nusantara (wisnus). Rata-rata lama menginap bagi wisman berkisar 6,65 hari, sementara wisnus sekitar 1,80 hari.

"Rata-rata menginap wisatawan di Pulau Belitung, wilayah ini menjadi yang tertinggi dipilih wisatawan. Wisatawan juga cenderung menghabiskan waktu lebih dari dua hari untuk menginap di Pulau Belitung. Berbeda dengan daerah lainnya yang hanya di kisaran sehari saja," ujarnya.

Menurut dia, peningkatan kunjungan wisatawan tentunya berdampak terhadap semakin berkembangnya UMKM dan perekonomian masyarakat sekitar setelah pandemi Covid-19 di Kepulauan Bangka Belitung.

"Kami memperkirakan kunjungan wisatawan dan tamu asing akan naik signifikan menjelang dan selama perhelatan G20 di Belitung pada 7 hingga 9 September tahun ini," katanya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Ia menambahkan berdasarkan data jumlah wisatawan yang menginap pada hotel bintang di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Juli 2022 tercatat 44.033 orang atau naik 7,67 persen dibandingkan bulan sebelumnya 40.897 orang.

"Wisatawan nusantara masih mendominasi jumlah wisatawan yang berwisata di Kepulauan Bangka Belitung. Sebanyak 99,33 persen dari total 44.033 wisatawan adalah wisatawan nusantara," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini