Share

5 Kasus Dukun Sakti yang Gegerkan Dunia, Pesulap Merah dan Gus Samsudin Mah Lewat

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Selasa 06 September 2022 10:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 05 406 2661188 5-kasus-dukun-sakti-yang-gegerkan-dunia-pesulap-merah-dan-gus-samsudin-mah-lewat-OBFbLLUrxz.jpg Ilustrasi dukun (Okezone)

ADA 5 kasus dukun sakti yang sempat heboh bahkan menggemparkan dunia sebelum viralnya Gus Samsudin dan Pesulap Merah yang membongkar trik atau aksi tipu-tipu para dukun dalam mengelabui pasiennya.

Kisah Gus Samsudin berseteru dengan Pesulap Merah saat ini menarik perhatian netizen.

Rupanya, kisah dukun atau penyihir tak hanya ada di Indonesia saja. Di luar negeri, dunia perdukunan sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

 BACA JUGA:Mengenal Nopamada, Ritual Suku Kaili Menunggu Orang Sakaratul Maut

Nah, berikut 5 kasus dukun sakti yang gemparkan dunia

1. Bridget Cleary

Bridget Cleary merupakan seorang wanita berusia 26 tahun pada 1895. Bridget adalah warga Irlandia. Dirinya merupakan seorang penjahit dan penjual telur yang sudah menikah dengan Michael Cleary. Dari pernikahannya, keduanya belum memiliki anak.

Menurut cerita rakyat setempat, Bridget sempat terserang flu beberapa hari sebelum ajalnya tiba. Ia diketahui telah mengirimkan telur ke Kylenagranagh, sebuah tempat untuk cincin peri. Kabar menyebutkan adanya unsur supranatural dalam penyakit Bridget.

Hal ini membuat ketegangan memuncak di keluarga Bridget. Pada 1895, Michael berulang kali bertanya pada Bridget tentang siapa dia, namun sang istri tidak menjawab. Ia pun meyakini jika yang sedang berhadapan dengannya adalah seorang penyihir. Michael pun membakar Bridget hingga tewas.

 

2. Anna Goldi

Anna Goldi berprofesi sebagai pembantu yang bekerja untuk dokter kaya raya di Glarus, Swiss. Kabarnya, Goldi diklaim telah memasukan jarum ke dalam roti dan susu menggunakan sihir untuk putri majikannya.

Goldi pun ditangkap dan disiksa setelah mengakui memiliki perjanjian dengan iblis. Ia pun dijatuhi hukuman mati pada 1782. Anna Goldi menjadi orang terakhir yang dieksekusi karena sihir di Eropa.

 BACA JUGA:Mengenal Tarian Babukung, Ritual Adat Kematian Suku Dayak Tomun

3. Agnes Sampson

Pada tahun 1590, seorang wanita bernama Agnes Sampson dikenal sebagai seorang dukun di Berwick Utara, Lothian Timur. Ia diduga menjadi salah satu dukun yang berusaha menenggelamkan kapal pengantin baru Raja James VII.

Secara pribadi, Raja Denmark tersebut menanyai Agnes. Agnes mendapatkan siksaan yang mengerikan, ia juga dipaksa mengenakan Kekang Penyihir. Akhir dari kisahnya adalah Agnes dieksekusi dengan cara diikat di tiang dan dibakar.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. Dukun Pendle

Pedle Hill di Lancashire menjadi saksi bisu yang dianggap tempat liar dan tanpa hukum. Pada zaman itu, ada sekitar 12 orang yang dituduh memiliki keterlibatan atas kematian 10 orang dengan menggunakan ilmu sihir.

5. Dukun Salem

Salah satu kasus yang paling ramai diperbincangkan adalah kasus Dukun Salem yang diadili pada 1692 di Massachusetss, Amerika Serikat. Kasus tersebut bermula dari dua orang gadis yang tiba-tiba kejang dan berteriak histeris.

 Ilustrasi

Kondisi tersebut diduga memiliki keterikatan dengan penyikir atau dukun. Sebanyak 20 orang terlibat dalam eksekusi ini dan 14 di antaranya adalah perempuan.

Demikian 5 kasus dukun sakti yang gemparkan dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini