Share

5 Pantai Tersembunyi di Singapura Wajib Dikunjungi, Nomor 1 Bekas Tempat Karantina Tahanan Politik

Dennira Prifta Binantari, Jurnalis · Selasa 06 September 2022 04:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 05 408 2660955 5-pantai-tersembunyi-di-singapura-wajib-dikunjungi-nomor-1-bekas-tempat-karantina-tahanan-politik-wS5e9bOixy.jpg Pulau Saint John, Singapura (Foto: Instagram/@maisyleww)

SINGAPURA identik dengan kota sibuk yang dikelilingi gedung pencakar langit. Namun di balik imej itu, negara ini ternyata memiliki deretan pantai cantik tersembunyi yang menawarkan ketenangan. Sehingga, ini bisa menjadi alternatif bagi Anda saat bertandang ke negara tersebut.

Berikut lima pantai cantik di Singapura yang layak masuk dalam bucket list Anda saat mengunjungi Singapura seperti dikutip dari AsiaOne, pada Senin (5/9/2022).

1. Pulau Saint John

Salah satu pulau dengan pantai cantik yang bisa Anda kunjungi di Singapura adalah Pulau Saint John atau dalam bahasa Melayu dikenal sebagai Pulau Sekijang Bendera.

Di era '30-an, pulau ini merupakan pusat karantina terbesar di dunia untuk para tahanan politik. Sebelum kemerdekaan Singapura pada 1965, pulau ini juga digunakan sebagai pusat rehabilitasi para pecandu opium.

Pada 1975, Pulau Saint John dibangun kembali dan dijadikan sebagai destinasi wisata bagi mereka yang ingin mencari ketenangan.

Pantai Saint John, Singapura

(Foto: Instagram/@maisyleww)

Untuk bisa sampai ke pulau ini, Anda bisa naik perahu dengan membayar SGD18 atau setara dengan Rp191.000 per orang.

Perjalanan selama 30 menit akan dimulai dari Marina South Pier menuju Saint John. Dari pulau ini, Anda bisa menjelajahi pulau-pulau lain di sekitarnya, seperti Pulau Lazarus yang akan kami bahas selanjutnya.

2. Pulau Lazarus

Pulau lepas pantai lainnya adalah Pulau Lazarus. Pulau ini adalah rumah bagi tempat persembunyian pantai rahasia Singapura lainnya. Untuk sampai ke pulau ini, Anda bisa naik feri dari Marina South Pier menuju Pulau Saint John. Nah, menuju Lazarus, Anda bisa menuju jembatan penghubung dari Dermaga Saint John.

Pulau Lazarus

(Foto: Instagram/@lionel_kwok)

Hanya dibutuhkan waktu sekitar 20 menit menuju Saint John menuju Lazarus. Kalau ingin menjelajahi pulau ini, Anda bisa naik feri pertama dari Marina South Pier dengan jadwal pukul 09.00 pagi di akhir pekan atau pukul 10.00 pada weekdays.

Namun Anda perlu mengingat, tidak ada toko dan toilet di Pulau Lazarus, sehingga Anda sebaiknya membawa kebutuhan seperti makanan, minuman, dan lotion anti-nyamuk.

3. Tanjong Rimau

Tanjong Rimau dikenal sebagai rumah bagi makhluk laut, seperti kepiting dan bintang laut, dengan pepohonan bakau yang mengelilinginya. Kawasan yang terletak di sisi barat Pulau Sentosa ini dapat diakses melalui Shangri-La Rasa Sentosa Resort & Spa dengan menuruni lereng berbatu menuju pantai.

Tanjong Rimau

(Foto: Instagram/@hannah_chinchin)

Namun, untuk melindungi kelestarian alam dan memastikan keselamatan wisatawan dari duri  pada sirip Stonefish yang berbisa, kunjungan ke Tanjong Rimau hanya bisa dilakukan melalui tur yang dipandu Sentosa Development Corporation (SDC).

Follow Berita Okezone di Google News

4. Pantai Punggol

Pantai Punggol sebenarnya terkenal dengan kisah kelamnya di masa lalu. Kawasan ini merupakan lokasi Pembantaian Sook Ching yang dilakukan tentara Jepang terhadap warga etnis Tionghoa setelah kolonial Britania Raya menyerah pada 1942.

Pantai Punggol

(Foto: Instagram/@mark9plus1)

Tak hanya kaya akan sejarah, Pantai Punggol juga kesohor dengan pantainya yang indah. Karakteristik pantai ini memiliki bebatuan di pinggirannya dengan berbagai bentuk dan ukuran.

5. Pulau Hantu

Jangan biarkan nama ‘hantu’ menghalangi Anda untuk mengunjungi pantai tersembunyi ini. Di sini ada dua pulau kecil, Hantu Besar dan Hantu Kecil.

Pulau Hantu

(Foto: Instagram/@junying.lim)

Pulau terpencil di Pulau Hantu penuh dengan terumbu karang dan biota laut. Jika Anda ingin datang ke pulau ini, cobalah untuk snorkeling dan nikmati keindahan bawah airnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini