Share

5 Rumah di Yogyakarta Terkenal Angker dan Berhantu, Cocok Buat Wisata Horor

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Selasa 06 September 2022 21:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 05 408 2661371 5-rumah-di-yogyakarta-terkenal-angker-dan-berhantu-cocok-buat-wisata-horor-HgI7Ne20dU.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

MENGULAS 5 rumah di Yogyakarta yang terkenal karena kisah makhluk halusnya. Banyak yang mempercayai adanya kehidupan lain selain kehidupan manusia.

Kehidupan yang dimaksud adalah kehidupan jin atau makhluk halus. Konon, makhluk halus suka mendiami sebuah rumah kosong. Tak jarang mereka memperlihatkan wujud aslinya ke manusia dan membuat geger.

Mengenai hal itu, di Yogyakarta rupanya ada beberapa rumah yang kabarnya berhantu. Berikut 5 Rumah di Yogyakarta yang terkenal karena kisah makhluk halusnya.

 BACA JUGA: 5 Tempat Terkenal Angker di Indonesia, Sukses Bikin Bulu Kuduk Merinding

1. Rumah Selokan Mataram

Rumah di sudut Jalan Selokan Mataram ini menyimpan kisah horor yang sempat viral di media sosial. Kabarnya, rumah yang tampak terbengkalai ini dulunya adalah kos putri namun telah ditinggalkan selama bertahun-tahun dan kini menjadi sarang hantu.

Ada banyak kisah yang berkembang mengenai alasan rumah kos ini ditinggalkan. Konon, dulu ada seorang penghuni kos yang depresi karena kekasihnya selingkuh dengan teman sekosnya hingga hamil. Kemudian ia gantung diri dan arwahnya gentayangan.

Versi lain diungkapkan penjual angkringan di sekitar rumah tersebut. Menurutnya, dulu ada seorang gadis penjaga butik yang dibunuh oleh kekasihnya di rumah itu.

 

2. Rumah Pocong Sumi

Kisah mengenai rumah horor yang satu ini sudah menjadi urban legend di Yogyakarta. Rumah yang berada di Kotagede ini kabarnya sudah berdiri sejak 1860.

Konon, pada 1935 terjadi sebuah kisah pilu di rumah bergaya Belanda ini. Kabarnya, saat itu seorang penghuni rumah bernama Sumini tengah ditinggal sang suami pergi berbisnis. Sebelumnya ia telah diperingati untuk tidak membuka pintu jika ada yang mengetok.

 BACA JUGA:Horor! 7 Bioskop Paling Angker di Dunia, Nomor 3 Ada di Indonesia

Namun naas, rumahnya rupanya telah diincar segerombol pencuri. Tiga pencuri yang datang pada malam itu memperkosa dan membunuh Sumini dengan cara dicekik.

Sejak saat itu, rumah tersebut kosong dan kabarnya arwah Sumini menjadi pocong dan gentayangan.

3. Rumah Kantil

Lokasi rumah kanthil tidak jauh dari rumah pocong Sumi. Kabarnya, rumah kanthil memiliki penunggu. Sebab, di rumah tersebut terdapat sebuah pohon kanthil besar yang dianggap keramat.

Rumah kanthil bahkan pernah masuk ke dalam acara televisi horor yang sangat melegenda bagi masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

 4. Rumah Kentang

Rumah kentang tidak hanya ada di Bandung. Di Kotabaru, Yogyakarta, juga ada. Lokasinya tepat berada di sebesar SMA Stella Duce I. Konon, rumah ini kerap mengeluarkan aroma kentang yang sangat menyengat pada waktu-waktu tertentu.

Warga sekitar meyakini jika aroma tersebut sebagai pertanda munculnya hantu genderuwo. Tak hanya itu, warga setempat juga bersaksi kerap melihat penampakan noni Belanda di rumah itu.

Meski kisah angker mengenai rumah ini telah tersebar luas, namun rumah kentang kini beralih fungsi menjadi kantor bank BUMN.

 Ilustrasi

5. Pesanggarahan Sarjanawiyata Tamansiswa, Kaliurang

Pesanggrahan Sarjanawiyata Tamansiswa ini dulunya adalah asrama mahasiswa UGM. Namun sejak erupsi Merapi tahun 1994, bangunan ini terbengkalai dan dikaitkan dengan kisah mistis.

Kabarnya, bangunan ini menjadi sarang hantu yang kerap menampakan wujud di hadapan manusia.

Demikian 5 rumah di yogyakarta yang terkenal karena kisah makhluk halusnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini