Share

5 Fakta Keren Kampung Janda Ngeposari di Gunung Kidul, Dihuni Wanita-Wanita Tangguh

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 07 September 2022 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 06 406 2661990 5-fakta-keren-kampung-janda-ngeposari-di-gunung-kidul-dihuni-wanita-wanita-tangguh-F53DxHe8rJ.jpg Kelurahan Ngeposari di Gunung Kidul (Youtube Jejak Richard)

ADA 5 fakta menarik tentang Dukuh Kalangbangi Wetan yang dijuluki sebagai kampung janda. Letaknya di Kelurahan Ngeposari, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dijuluki kampung janda karena penduduk dusun tersebut banyak wanita yang sudah menjanda. Tapi mereka menunjukkan kegigihannya untuk bertahan hidup dengan rajin bekerja dan mandiri.

 BACA JUGA:5 Keuntungan Berpacaran dengan Janda Ketimbang Perawan

Berikut 5 fakta keren kampung janda Ngeposari di Gunung Kidul :

1. Rajin kerja bakti

Rajin Kerja Bakti Bekerja bakti di kampung memang bukan hal yang baru. Para janda di sana juga kerap aktif bekerja bakti, salah satunya dengan ikut mengecor jalan.

 Ilustrasi

2. Punya Sikap Mandiri

Memiliki Sikap Mandiri Dikarenakan hidup sebagai single parent, banyak perempuan yang harus berjuang sendiri. Begitu pula dengan mencari nafkah, mereka terampil hidup sebagai perempuan yang mandiri kuat dan tangguh. Keseharian mereka diisi dengan bekerja sebagai petani hingga berjualan.

 BACA JUGA:Jangan Salah, Ini Lho 5 Kelebihan Menikahi Janda Ketimbang Gadis Perawan

3. Ada 26 Janda

Dihuni 93 Kepala Keluarga (KK) Masyarakat yang tinggal di Desa Ngeposari berjumlah 93 kepala keluarga (KK). Memang tidak semua janda, namun 26 (KK) di antaranya berstatus janda. Hal ini tentunya disukai oleh para lelaki.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Ada Makam Misterius

Di Dusun Kalangbangi Wetan, terdapat sebuah pemakaman tua. Kuburan itu ditemukan sekitar tahun 2017. Uniknya yang menemukan kuburan itu bukan warga sekitar, melainkan seorang abdi dalem Keraton.

5. Penyebab Banyak Janda

Ada beberapa faktor banyak janda di desa tersebut. Salah seorang janda yang bernama Damayanti mengungkapkan bahwa penyebab banyaknya janda di sana dikarenakan berbagai alasan. Ada yang janda karena ditinggal meninggal dunia, ada pula yang suaminya hilang begitu saja tanpa kabar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini