Share

4 Aturan yang Tidak Boleh Dilanggar oleh Gadis Minang

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 07 September 2022 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 06 406 2662164 4-aturan-yang-tidak-boleh-dilanggar-oleh-gadis-minang-NWrPXbMQk1.jpg Festival Pesona Minangkabau 2019 di Istano Basa Pagaruyung, Tanah Datar, Sumatera Barat (Antara/Etri Saputra)

SEDIKITNYA ada empat aturan yang tak boleh dilanggar oleh gadis atau perempuan Minangkabau. Tentu saja ketentuan ini terkait dengan budaya dan norma adat setempat.

Masyarakat Minang di Sumatera Barat sangat menjaga budaya dan adat istiadatnya. Dalam kehidupan sehari-hari, mereka menjaga dengan baik norma-norma.

Ada sederet aturan yang dianjurkan tak dilanggar oleh wanita dalam budaya Minang, berikut empat di antaranya.

BACA JUGA: Mengenal Bajapuik, Budaya 'Membeli' Pria dalam Tradisi Perkawinan Adat Minang

1. Aturan Saat Makan

Dalam budaya Minang ada istilah Sumbang Makan. Artinya, jangan makan sambil berdiri, nyampang makan dengan tangan genggamlah nasi dengan ujung jari, bawa ke mulut pelan-pelan dan jangan membuka mulut lebar-lebar.

Ketika makan dengan sendok jangan sampai sendok beradu dengan gigi. Ingat-ingat dalam bertambah.

 BACA JUGA: Mengenal Tradisi Sedekah Bumi di Banjarnegara, Ada Tumpeng Raksasa

2. Tata Cara saat Ngoborol

Dalam aturan ini tidak baik berbisik-bisik saat tengah bersama. Jangan menutup hidung di keramaian. Jangan tertawa di atas penderitaan orang lain, apalagi hingga terbahak-bahak.

Jika bercanda, secukupnya saja dan diagak-agak, agar tidak tersinggung orang yang mendengar. Jagalah kepercayaan orang lain, jangan seperti musang yang berbulu ayam.

3. Jangan Berdiri depan Pintu

Perempuan Minangkabau dilarang berdiri di depan pintu atau di tangga. Jangan berdiri di pinggir jalan jika tidak ada yang dinanti. Sumbang berdiri dengan laki yang bukan muhrim.

 Ilustrasi

4. Dilarang Menggunakan Bahasa Tidak Sopan

Berkatalah dengan lemah lembut, berkatalah sedikit-sedikit agar paham maksudnya, jangan serupa murai batu atau serupa air terjun._ Jangan menyela atau memotong perkataan orang, dengarkanlah dulu hingga selesai. Berkata-katalah yang baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini