Share

Harga Tiket, Jam Buka dan Daya Tarik Dusun Semilir Semarang

Wiwie Heriyani, Jurnalis · Kamis 08 September 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 07 408 2662712 harga-tiket-jam-buka-dan-daya-tarik-dusun-semilir-semarang-lyNcpd3R5Q.jpg Dusun Semilir Bawen Eco Park di Semarang (Istimewa)

BAGI Anda yang sedang liburan di Semarang, Jawa Tengah, tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi Dusun Semilir Bawen Eco Park. Meski terbilang baru, taman wisata ini ternyata tengah populer di kalangan para pelancong.

Dusun Semilir di Ngemple, Bawen, Kabupaten Semarang ini terletak di kawasan dataran tinggi yang sejuk.

Dusun Semilir memiliki daya tarik tersendiri, terutama karena memadukan beberapa wisata sekaligus dalam satu kawasan. Sehingga, pengunjung bisa menikmati kegiatan rekreasi yang beragam di sini.

Berwisata ke Dusun Semilir dijamin akan memberi kesan yang tak terlupakan. Pasalnya, areanya juga sudah lengkap dengan berbagai dekorasi dan arsitektur yang tak biasa.

 BACA JUGA:Liburan di Semarang, Mumuk dan Eno Cobain Perosotan Warna-Warni di Dusun Semilir

Harga tiket masuk Dusun Semilir (Periode 1-30 September 2022)

Seperti tempat wisata pada umumnya, Dusun Semilir Semarang juga memberlakukan harga tiket masuk. Namun, Anda tak perlu khawatir. Selain karena harga tiketnya cukup terjangkau, ada juga promo harga tiket masuk terusan untuk berbagai wahana setiap bulannya.

Nah, nantinya untuk bertransaksi di area wisata, pengunjung akan mendapat kartu tap khusus. Namun, kartu ini bisa di-refund secara tunai jika tidak digunakan.

1. Tiket masuk reguler (Senin-Jumat) : Rp.30.000

2. Tiket masuk paket hemat (Senin-Jumat) : Rp. 40.000

 Ilustrasi

Wisata Dusun Semilir 

Jam operasional Dusun Semilir

Dusun Semilir buka setiap hari dari pagi hingga sore. Meski buka hingga sore hari, namun terdapat jam tutup loket yang perlu diperhatikan.

1. Senin-Jumat : 09.00 - 18.00 WIB

2. Sabtu-Minggu : 08.00 - 20.00 WIB

Peraturan di area Dusun Semilir :

1. Wajib menggunakan masker atau faceshield.

2. Harus menunjukkan bukti vaksin minimal dosis 1.

3. Pengunjung yang membawa bayi dan belum bisa berjalan masih gratis.

4. Tidak boleh membawa makanan dan minuman dari luar.

 BACA JUGA:Asyiknya Vaksinasi Covid-19 Sambil Menikmati Keindahan Alam di Dusun Semilir

Wahana Dusun Semilir

Dusun Semilir terkenal sebagai kawasan wisata bertema keluarga di daerah Bawen. Taman hiburan ini terutama mengkombinasikan suasana alam pedesaan dengan wisata kekinian.

Tak ketinggalan arsitektur bangunan dan desain interiornya jadi ciri khas bagi tempat wisata baru ini. Hal ini terlihat dari banyaknya elemen tradisional yang berpadu dengan suasana modern.

Sedangkan aktivitas wisata yang terdapat di Dusun Semilir tidak sebatas rekreasi semata. Area ini juga menawarkan wisata edukasi hingga relaksasi akhir pekan. Selalu ada pilihan bagi semua kalangan wisatawan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Berikut adalah aneka wisata yang bisa tersedia di Dusun Semilir:

1.Wahana permainan

Beragam wahana permainan dan hiburan menarik bisa Anda coba saat mengunjungi Dusun Semilir. Tak hanya untuk anak-anak, orang dewasa juga bisa ikut bermain berbagai wahana seru disana loh!

Misalnya, wahana Perosotan yang menyajikan peluncuran setinggi 30 meter. Dengan panjang setidaknya 150 meter. Pengunjung akan merasakan sensasi meluncur yang dijamin seru.

Selain itu, ada juga wahana Banyu Biru yang memiliki kolam renang terbuka untuk berenang dan tubing. Sedangkan di sini wisatawan bisa menikmati bermain air sambil ditemani semilir udara pegunungan yang segar.

Lalu, ada juga kegiatan berkeliling dengan Kereta Wisata, Trem, dan Gondola yang tak kalah menarik. Selanjutnya jika ingin aktivitas fisik, pengunjung bisa berkeliling menggunakan sepeda.

Wahana lainnya yang tak boleh ketinggalan yaitu Omah Suwung. Omah Suwung adalah rumah hantu yang akan memberikan pengalaman menegangkan sekaligus menyenangkan selama permainan.

Sedangkan untuk pengunjung anak-anak, ada wahana Inflatable dan Omah Dolanan. Yaitu wahana yang menyajikan bermacam-macam permainan yang melatih gerak motorik anak.

 

2. Flora dan fauna

Desa Semilir ternyata juga menyajikan wisata bertema Flora dan Fauna. Wisata yang ada di taman ini terdapat Truwelu Park dengan koleksi kelinci-kelincinya yang lucu. Selama di taman kelinci pengunjung bisa memberi wortel untuk kelinci menggunakan alat pancing.

Selain itu, ada juga taman Alas Tirta yang memiliki koleksi hewan-hewan lainnya. Beberapa satwa yang terdapat di sini yaitu Berang-berang, koi, hingga ikan hiu.

Lalu, ada zona Alas Angon dengan koleksi hewannya yang tidak biasa. Kemudian ada juga Kandangan, sebuah kandang burung raksasa berbentuk unik.

3.Spot foto yang instagramable

Dusun Semilir sudah sering viral karena spot-spotnya yang berdesain cantik. Ya, mulai dari arsitektur hingga dekorasinya memang memiliki rancangan khusus yang tidak main-main. Setiap wahana dan spot wisata menghadirkan suasana yang berbeda.

Misalnya, di Alun Eropa, salah satu spot ikonik Dusun Semilir. Kawasan ini memadukan gaya arsitektur Venesia, Maroko, Yunani, hingga pedesaan Perancis.

Selanjutnya, di bagian tengah terdapat sungai kecil tempat Gondola berada. Warna-warni kawasan ini tampak ‘instagrammable‘ menarik banyak perhatian terutama pecinta selfie.

Sedangkan untuk spot fotonya sendiri tersebar di semua area. Seperti misalnya area Alas Tirta dengan instalasi berbagai bentuk di tengah tamannya.

Ada juga kawasan Jalan Kenangan yang memiliki dekorasi warna-warni meriah. Selain itu masih banyak lagi spot foto yang bisa ditemui di objek wisata ini.

4. Wisata belanja

Berkunjung ke Dusun Semilir tak akan lengkap jika belum berbelanja oleh-oleh. Di sini, tersedia puluhan tennant souvenir yang tersebar di seluruh area. Sedangkan untuk Pusat souvenir terlengkap berada di area Warisan Indonesia dan Camilan Indonesia. Letaknya di sayap barat dan timur Stupa.

Pengunjung bisa mendapatkan berbagai macam buah tangan khas Jawa Tengah dan luar daerah. Jenisnya mulai dari makanan, kerajinan tangan, hingga pakaian. Selain di sini, toko suvenir juga bisa ditemukan di area lainnya. Salah satunya di sepanjang Jalan Kenangan dan Jembatan Senggol.

 Ilustrasi

5. Wisata kuliner

Setelah asyik dan lelah berekreasi di Dusun Semilir Anda tak perlu khawatir kelaparan. Di Dusun Semilir juga tersedia berbagai restoran dengan beragam menu andalan.

Masih di sekitar taman terdapat Restoran Gunungan dengan ragam pilihan menunya. Sedangkan Di area Alun Eropa, ada Ristorante Eropa yang menyajikan menu benua albino tersebut.

Namun, bagi yang tidak ingin makanan berat, barisan tennant makanan ringan bisa menjadi pilihan. Semuanya bisa ditemui di area Sepoi Sepoi Foodcourt dan Jembatan Senggol. Sementara Owl Cafe menyajikan suasana makan dengan sajian panorama alam.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini