Share

Misteri 'Pesawat Hantu' Jatuh di Laut Baltik, Jet Tempur NATO yang Mengintai pun Kebingungan

Prisca Arianto, Jurnalis · Jum'at 09 September 2022 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 08 406 2663273 misteri-pesawat-hantu-jatuh-di-laut-baltik-jet-tempur-nato-yang-mengintai-pun-kebingungan-X4EPNnozJs.JPG Pesawat Cessna 551 (Foto: polanddaily24)

SEBUAH pesawat jet pribadi yang membawa satu keluarga dilaporkan jatuh di Laut Baltik. Pesawat itu mengangkut empat orang penumpang.

Upaya pencarian korban terus dilakukan menyusul laporan petugas penjaga pantai Swedia yang mengkonfirmasi adanya temuan puing dan serpihan pesawat Cessna 551.

"Peluang menemukan korban selamat sangat minim," kata Lars Antonsson dari Pusat Penyelamatan Maritim dan Udara, melansir Mirror.

Petugas berwenang, German Bild mengatakan, seorang wanita, satu pria dan anak perempuan mereka sedang terbang hingga pesawat itu jatuh secara misterius setelah mengalami penerbangan tak menentu. Sumber lain mengatakan ada 6 orang di pesawat itu.

Sesaat setelah lepas landas, pesawat sempat melaporkan adanya masalah pada tekanan kabin. Kontak pun terputus tepat di luar Semenanjung Iberia.

Infografis Kecelakaan Pesawat 2021

Badan Penerbangan Sipil setempat membenarkan adanya kecelakaan penerbangan di laut dekat Ventspils. Anehnya, pilot NATO dan pejabat Swedia yang melacak pesawat tidak melihat siapapun di kokpit alias tak ada pilot, kok bisa?.

"Kami telah mengetahui bahwa pesawat itu jatuh di barat laut Kota Ventspils di Latvia. (Pesawat) itu telah menghilang dari radar," sebut Jubir Tim SAR Swedia.

"Pesawat-pesawat tempur Jerman dan Denmark sebelumnya telah dikirim untuk memeriksa pesawat saat melewati wilayah udara negara tersebut, tetapi tidak dapat melakukan kontak," timpal Johan Wahlstrom, pejabat administrasi maritim Swedia.

"Mereka tidak bisa melihat siapapun di kokpit," tambahnya.

"Pesawat tempur NATO lepas landas pada Minggu malam untuk mengikuti pesawat Cessna itu," ungkap seorang juru bicara Angkatan Udara Lithuania.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Dilaporkan bahwa pesawat tersebut sempat berbelok dua kali, di Paris dan Cologne, sebelum langsung menuju Baltik, melewati dekat pulau Swedia Gotland.

Melansir FlightRadar24, pesawat Cessna 551 yang terdaftar di Austria itu terbang dari Jerez di Spanyol selatan dan lepas landas pukul 12.56 GMT tanpa tujuan yang ditetapkan. Pada pukul 17.37 pesawat hilang kecepatan dan turun dari ketinggian dengan cepat.

Juru bicara Angkatan Laut Latvia menyebut, pihaknya telah mengirim kapal ke lokasi kejadian.

"Kapal kami sedang dalam perjalanan ke lokasi di mana kecelakaan pesawat terjadi," kata Liva Veita.

Diwartakan MarineTraffic, satu kapal feri bernama Stena Line yang melakukan perjalanan dari Ventspils ke Norvik di Swedia juga dialihkan ke lokasi kecelakaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini