Share

Kenapa Lukisan Mona Lisa Sangat Terkenal dan Begitu Berharga?

Cita Zenitha, Jurnalis · Sabtu 10 September 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 08 406 2663761 kenapa-lukisan-mona-lisa-sangat-terkenal-dan-begitu-berharga-kfJnqhNCPu.jpg Lukisan Mona Lisa (Centraverer)

LUKISAN Mona Lisa sangat terkenal dan nilainya begitu mahal. Saking berharganya, karya maestro Leonardo Da Vinci tersebut pernah dicuri dan mau dihancurkan.

Mona Lisa merupakan potret dari seorang wanita bernama Lisa Gherardini. Nama “Mona” berasal dari bahasa Italia yang berarti “Nyonya” jadi Mona Lisa artinya adalah “Nyonya Lisa”.

Diperkirakan lukisan Mona Lisa dibuat oleh Leonardo Da Vinci sekitar tahun 1503 sampai 1519 Masehi. Teknik Leonardo Da Vinci untuk melukis monalisa dikembangkan oleh dirinya sendiri dan terbilang sangat rumit.

 BACA JUGA:Waduh! Lukisan Mona Lisa Diolesi Kue oleh Pria yang Menyamar Jadi Perempuan Tua

Gradasi warna yang digunakan sangat halus dan terlihat lebih nyata. Butuh waktu lama untuk menyelesaikan lukisan tersebut.

Kendati demikian itu bukan satu-satunya alasan mengapa lukisan Mona Lisa begitu terkenal. Berikut adalah alasan lukisan Mona Lisa Begitu terkenal.

Alasan Lukisan Mona Lisa Begitu Terkenal

Kisah dicurinya lukisan Mona Lisa terjadi pada 21 Agustus 1911 yang melibatkan seniman populer Spanyol Pablo Picasso dan temannya Guillaume Apollinaire. Keduanya diinterogasi polisi dan dinyatakan tidak bersalah.

 BACA JUGA:Sumbang Wisatawan Terbanyak, Indonesia Pasar Pariwisata Penting bagi Singapura

Setelah dilakukan penyelidikan ternyata lukisan Mona Lisa dicuri oleh Vincenzo Peruggia, pegawai dari Musée du Louvre museum tempat lukisan Mona Lisa disimpan. Setelah lukisan itu kembali, banyak orang yang penasaran berbondong-bondong ingin melihatnya dari dekat.

Tidak hanya sangat indah, lukisan Mona Lisa mengandung sejumlah teori mengenai senyum misterius penuh makna ganda.

Potret Mona Lisa digambarkan dengan ekspresi enigmatik penuh arti. Berbagai teori bermunculan mendeskripsikan ekspresi wanita yang digambarkan Da Vinci itu.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Belum lagi dengan posri tubuh yang ditampilkan pada lukisan Mona Lisa yang hanya ¾ bagian saja. Pasalnya pada zaman itu, sebuah lukisan yang menampakan potret seseorang akan dibuat seluruh tubuh, tapi tidak dengan lukisan Mona Lisa.

Biasanya seseorang akan mengenakan pakaian terbaiknya ketika hendak dilukis. Tetapi Da Vinci justru melukis potret dengan pakaian polos dan terkesan biasa saja.

 Ilustrasi

Alasan lukisan Mona Lisa begitu terkenal tidak jauh-jauh dari latar belakang maestro yang menciptakannya. Leonardo Da Vinci tidak hanya terkenal sebagai pelukis. Namanya juga kesohor sebagai penulis, filsuf, pematung, dan arsitek.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini