Share

Tips Liburan Nyaman, Ini 6 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Traveling

Najwa Avifah Octavia, Jurnalis · Sabtu 10 September 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 08 406 2663773 tips-liburan-nyaman-ini-6-hal-yang-wajib-dilakukan-sebelum-traveling-zDFGF0AKyC.jpg Ilustrasi (Canstock)

TRAVELING merupakan aktivitas sangat menyenangkan. Melakukan perjalanan ke sebuah destinasi wisata menikmati liburan bukan hanya memberikan kebahagiaan hati, tapi juga menambah wawasan dan pengalaman baru.

Agar traveling terasa nyaman, aman, tanpa kepikiran pekerjaan atau tak ada sesuatu yang penting tertinggal, maka sebelum berangkat harus ada persiapan yang matang.

Berikut adalah hal yang wajib Anda lakukan sebelum pergi berlibur dengan tenang :

Menyelesaikan Pekerjaan

Anda pasti kesal jika sedang asyik menikmati pemandangan atau suasanan liburan, tiba-tiba atasan atau rekan kerja menghubungi Anda menanyakan pekerjaan yang belum diselesaikan.

Jadi sebelum berangkat pastikan selesaikan dulu pekerjaannya dan jangan lupa memberi tahu atasan dan rekan setim.

Ilustrasi

Mengatur Perjalanan

Waktu cukup berharga bagi diri kita. Tidak ingin rasanya jika pergi berlibur memakan waktu yang cukup lama hanya untuk perjalanan. Tidak melihat sunset saat dipantai, tempat wisata yang segera tutup, dan tertinggal transportasi saat perjalanan. Itu semua hal yang tidak diinginkan saat kita liburan. Perasaan senang ingin berlibur kini berubah seketika menjadi rasa kesal pada diri kita.

Anda perlu mengatur perjalanan dengan baik. Memesan tiket keberangkatan jauh hari dari waktu liburan. Mengatur perjalanan destinasi wisata apa saja yang ingin Anda kunjungi. Jadwal harus diatur secara terperinci baik perjalanan liburan, kunjungan destinasi tempat wisata dan tempat penginapan.

Pisahkan Dokumen Penting

Salah Satu hal yang harus Anda jaga yaitu barang-barang penting saat liburan seperti kartu identitas, visa, paspor, dompet dan dokumen lainnya. Jangan sampai tertingal atau menyimpannya ditempat-tempat yang sulit untuk ditemukan.

Lebih baik Anda memisahkan barang tersebut di satu tas agar memudahkan kamu untuk mencarinya. Dokumen seperti visa dan paspor biasanya akan ditanyakan oleh pihak terkait. Hal itu dilakukan untuk pengecekan identitas diri saat Anda melakukan perjalanan khususnya perjalanan keluar negeri.

Mengatur Keuangan

Jangan ceroboh dalam mengatur keuangan. Apalagi jika anda membeli suatu barang tanpa perhitungan. Pemborosan saat melakukan perjalanan liburan akan membuat kamu kesulitan untuk mengatur keuangan kedepannya. Jangan sampai saat kamu sudah selesai melakukan perjalana kamu tidak memiliki ongkos untuk pulang ke rumah.

Budgeting keuangan liburan perlu dilakukan, mulai dari keuangan transportasi, penginapan, dan kebutuhan makan sehari-hari.

Jika Anda memiliki barang atau makanan yang dapat dibawa saat berlibur, dapat kamu gunakan agar pengeluaran kamu tidak begitu besar. Penting pula untuk kamu membeli Souvenir tidak terlalu banyak dan harga sesuai dengan budget liburan yang sudah kamu tentukan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Kondisi Tubuh Fit

Baiknnya jika kamu berencana berlibur perhatikan kondisi tubuh Anda. Jika perjalanan liburan kamu membutuhkan waktu yang cukup lama Jangan melakukan pekerjaan yang melelahkan. Tidak terbayangkan rasanya jika liburan yang sudah terencana dibatalkan karena kondisi kamu yang tidak fit.

Kondisi tubuh harus tetap terjaga baik sebelum dan susudah melakukan traveling. Melakukan kegiatan berolahraga serta mengkonsumsi makanan yang bergizi akan menjaga kondisi kamu agar tetap fit. Bagaimanapun kondisi tubuh yang fit merupakan cara kita mensyukuri nikmat tuhan yang diberikan kepada kita.

Ilustrasi

Mengatur Barang Bawaan

Jika kamu tipikal orang yang kurang behati-hati dan pelupa, ada baiknnya kamu mengatur barang bawaan agar tidak terlalu berlebihan. Barang bawaan yang kamu bawa disesuaikan dengan apa yang kamu perlukan saat traveling.

Membawa pakaian secukupnya, jika penginapan kamu terdapat layanan laundry itu lebih menguntungkan agar kamu tidak membawa banyak pakaian. Untuk kebutuhan skincare dan alat mandi kamu lebih baik menggunakan kemasan travel size agar tidak memakan tempat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini