Share

5 Pantai di Blitar yang Mempunyai Panorama Alam Menakjubkan dan Indah

Wiwie Heriyani, Jurnalis · Jum'at 09 September 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 08 408 2663355 5-pantai-di-blitar-yang-mempunyai-panorama-alam-menakjubkan-dan-indah-z04aNjn4Xj.JPG 5 pantai di Blitar yang mempunyai panorama alam menakjubkan dan indah (Foto: Instagram/@enny.balcazar)

PANTAI indah tak hanya ada di Bali saja. Nyatanya, di Jawa Timur juga terdapat pantai yang panorama alamnya tak kalah menakjubkan, salah satunya yakni di Blitar.

Meski belum sepopuler daerah lain di Jawa Timur seperti Malang dan Banyuwangi, pantai-pantai di Blitar menjadi hidden gems tersendiri untuk Kota Patria ini.

Ya, kota yang berjarak sekitar 167 kilometer dari Surabaya ini ternyata memiliki potensi wisata pantai yang cukup besar.

Pasalnya, di Blitar terdapat deretan pantai cantik yang pemandangan alamnya bahkan tak kalah indah dari pantai-pantai yang ada di Bali. Nah, pantai apa saja itu? Berikut ulasannya;

1. Pantai Pangi

Pantai yang ada di pesisir selatan Kabupaten Blitar ini terletak di Dusun Krajan, Desa Tumpakepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Pantai ini terletak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Blitar dan memerlukan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan.

Memasuki kawasan Pantai Pangi anda akan di disuguhi oleh pemandangan Pantai yang masih alami dan memesona. Pantai Pangi sendiri memiliki banyak keindahan dan keunikan tersendiri.

Pantai Pangi Blitar

(Foto: Instagram/@pantaipangiblitar)

Hamparan pantai yang putih dan bersih serta warna air yang biru kehijauan menambah keindahan dari pantai ini. Memang, dari kejauhan, air di pantai ini berwarna biru kehijaun. Sungguh sangat memanjakan mata yang sayang untuk di lewatkan begitu saja.

Pantai ini berbentuk menyerupai cekungan sepanjang 1 kilometer yang menjorok ke daratan dan dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang alami.

Tebing-tebing ini sangat berguna untuk memecah ganasnya ombak dari samudra Hindia sehingga ombak di kawasan pantai Pangi kecil dan tidak sebesar pantai-pantai selatan yang lainnya.

2. Pantai Serang

Pantai Serang merupakan pantai yang terletak di pesisir Pantai Selatan atau di Samudra Hindia, tepatnya berada di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar kurang lebih 45 Km arah barat daya Kota Blitar dan jarak tempuhnya kurang lebih 1,5 jam.

Pantai Serang, Blitar

(Foto: Instagram/@krtika_ay)

Pantai ini memiliki hamparan pasir yang putih dan landai serta bibir pantai yang cukup panjang. Ombaknya tidak terlalu tinggi sehingga memudahkan wisatawan untuk bermain air laut. Pantai serang juga terkenal dengan ritual tradisionalnya yaitu Larung Sesaji yang dilakukan setiap tanggal 1 Suro.

Untuk memberikan kesan nyaman sebagai objek wisata di bibir pantai serang juga di bangun beberapa Gazebo sebagai tempat peristirahatan. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati keindahan pantai di sebelah barat dan timur pantai serang yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

3. Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro merupakan satu pantai yang berada di wilayah Kecamatan Wates, terletak di balik Pegunungan Gondang Tapen Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar. Pantai Jolosutro berjarak sekitar 30 kilometer dari Jalur utama Malang-Blitar (pertigaan Brongkos).

Sebenarnya, Pantai Jolosutro merupakan sebuah teluk yang dikelilingi bukit batu terjal. Meski begitu, pemandangan yang dimilikinya tak kalah indah dengan yang ada di pantai lain.

Kondisi di sekeliling pantai ini tampak mengagumkan dengan deretan bukit-bukit batu yang di beberapa bagian ditumbuhi tanaman hijau. Hal ini akan membuat Anda betah untuk tinggal lebih lama menikmati alam sekitar.

Pantai Jolosutro, Blitar

(Foto: Instagram/@yrzk_)

4. Pantai Gayasan

Pantai Gayasan secara administratif terletak di Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Lokasi pantai ini tidak terlalu jauh dari Pantai Pangi, yakni sekitar 1.2 km di sebelah timurnya.

Suasana Pantai Gayasan masih alami dan belum dikelola. Belum ada fasilitas apapun di area pantai ini. Karena lokasinya berdekatan, karakteristik Pantai Gayasan pun cenderung sama dengan Pantai Pangi. Ombak di sini cukup besar, sehingga Anda tidak boleh berenang.

Selain itu, Pantai Gayasan juga memiliki panorama alam yang indah. Jika ingin suasana lebih asri, Anda bisa bersantai dekat perbukitan hijau yang berada sekeliling area pantai.

5. Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo terletak di Desa Tambakrejo Kecamatan Wonotirto, kurang lebih 30km ke arah selatan dari kota Blitar dan bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam.

Pantai Tambakrejo merupakan pantai yang banyak dikunjungi di Kabupaten Blitar. Pasalnya, pantai ini memiliki pemandangan yang indah, pantai yang cukup bersih, air laut yang biru dan pasir putih yang terbentang menjadi sebuah teluk dengan panjang sekitar 10 km.

Pantai Tambakrejo, Blitar

(Foto: Instagram/@andrekurniawans)

Ombak pantai Tambakrejo pun tidak terlalu besar, sehingga aman untuk bermain-main atau bahkan mandi di pantainya. Khususnya, pada saat menjelang sore di mana air pantai sudah mulai surut.

Selain keunikan dan keindahan pantainya, Pantai Tambakrejo juga terkenal dengan budaya larung sesaji yang dilakukan setiap tahun di bulan Oktober. Pada acara ini banyak sekali wisatawan lokal maupun internasional akan berdatangan untuk menyaksikan ritual tradisional ini.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini