Share

Minim Perceraian, Ini 5 Daerah di Indonesia Paling Banyak Pernikahan yang Langgeng

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 09 September 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 08 408 2663600 minim-perceraian-ini-5-daerah-di-indonesia-paling-banyak-pernikahan-yang-langgeng-3H2qcqbrlp.jpg Ilustrasi pernikahan (Muslim Girl)

ADA 5 daerah di Indonesia dengan pernikahan paling langgeng atau minimnya perceraian. Pernikahan yang menyatukan dua insan dan dua keluarga tak selamanya berlangsung bahagia.

Permalasahan akan selalu muncul dalam urusan rumah tangga. Jika tidak mampu menyelesaikan permasalahan, tak jarang pernikahan harus kandas di tengah jalan. Hal ini tentu menambah panjang angka perceraian.

Namun, ternyata di Indonesia ada beberapa daerah yang kebanyakan warganya memiliki kehidupan pernikahan yang langgeng.

 BACA JUGA:5 Keuntungan Berpacaran dengan Janda Ketimbang Perawan

Berikut 5 daerah di Indonesia dengan pernikahan paling langgeng berdasarkan data perceraian dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2015.

1. Sumatera Utara 

Sumatera Utara mayoritas warganya suku Batak. Dalam kebudayaan Batak terdapat sebuah adat yang mengikat para pasangan suami istri agar tidak mudah berpisah atau cerai. Kabarnya, tetua adat setempat akan ikut turun tangan apabila ada warganya yang mengajukan gugatan perceraian.

Ilustrasi

Hal ini membuat angka perceraian di Sumatera Utara cukup rendah. Dalam data BPS tahun 2015, dari 86 ribuan pernikahan, hanya 9 ribuan pasangan yang memutuskan bercerai.

2. Banten 

Masyarakat Banten yang mayoritas Islam terkenal religius. Mungkin karena alasan inilah tingkat perceraian di wilayah pemekaran Jawa Barat ini cukup rendah. Di tahun 2015 terdapat 91 ribu pernikahan dengan tingkat perceraian sekitar 8 ribuan. Sehingga jumlah pernikahan warganya dianggap banyak yang langgeng.

3. Lampung 

Tingkat perceraian di Lampung tergolong rendah. Data BPS di tahun 2015 mencatat 67 ribuan pernikahan dengan angka perceraian sekitar 6 ribuan saja. Data tersebut bisa menjadi acuan jika Anda ingin mencari jodoh orang Lampung.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. Sumatera Selatan

Kasus perceraian di Sumatera Selatan relatif rendah. Dari 62 ribu pernikahan pada 2015, tercatat sebanyak 6 ribuan pasangan yang memutuskan bercerai. Angka ini tentu masih tergolong rendah.

Adat istiadat yang berlaku di daerah tersebut diduga kuat menjadi salah satu alasan banyak pasangan yang mempertahankan hubungan pernikahan dan langgeng hingga tua.

5. Aceh

Aceh yang berjuluk Serambi Mekkah satu-satunya provinsi di Indonesia yang menjalan syariat Islam. Warganya sangat menjunjung tinggi adat, budaya, dan hokum Islam.

BPS mencatat pada 2015, ada 42 ribu pernikahan di Aceh. Sementara angka perceraiannya hanya 4 ribuan. Anda mungkin bisa mempertimbangkan jodoh asli Aceh.

Demikian 5 daerah di indonesia dengan pernikahan paling langgeng.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini