Share

Unik ! Ini 4 Daerah di Indonesia yang Punya Tradisi Wanita Meminang Pria

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Minggu 11 September 2022 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 09 406 2664311 unik-ini-4-daerah-di-indonesia-yang-punya-tradisi-wanita-meminang-pria-WQSfBtJKDq.jpg Nikita Willy mengenakan pakaian adat Minangkabau (Instagram @nikitawillyoffcial94)

ADA 4 daerah di Indonesia yang memiliki tradisi di mana wanitanya meminang pria. Padahal, umumnya adalah laki-laki yang melamar perempuan untuk dinikahi.

Keempat daerah tersebut tentu saja punya tradisi berbeda di mana perempuan yang melamar calon suami. Hal ini tentu tidak dimaksudkan untuk merendahkan perempuan, namun untuk menghargai tradisi yang telah ada sejak zaman dahulu.

 BACA JUGA:Mengenal Nopamada, Ritual Suku Kaili Menunggu Orang Sakaratul Maut

Meski demikian, setelah menikah perempuan tetap bertindak sebagai istri yang taat kepada suami.

Berikut adalah 4 daerah di Indonesia yang memiliki tradisi di mana wanitanya meminang pria.

1. Minangkabau - Sumatera Barat

Tradisi Minangkabau, Sumatera Barat, memegang sistem matriarki di mana pihak perempuan lebih berkuasa. Sehingga dalam proses pernikahan, pihak perempuan akan terlibat langsung dalam perencanaannya, termasuk pada prosesi lamaran.

Ilustrasi

Ilustrasi

Pada prosesi ini, pihak keluarga perempuan akan menyambangi rumah calon suami dan melakukan lamaran dengan membawa seserahan. Beberapa bahkan ada yang membawa uang japuik atau uang jemputan. Sejumlah keluarga besar akan ikut terlibat, terutama keluarga besar pihak perempuan.

 BACA JUGA:Mengenal Tarian Babukung, Ritual Adat Kematian Suku Dayak Tomun

2. Rembang - Jawa Tengah

Tradisi Ngemblok merupakan sebuah tradisi turun temurun yang dilakukan oleh masyarakat Rembang, Jawa Tengah, untuk meminang laki-laki dambaan hati. Prosesi ini dilakukan oleh pihak perempuan yang datang ke rumah calon pengantin pria untuk melamarnya.

Keluarga dari pihak perempuan juga akan membawa barang bawaan, seperti minuman, makanan, hingga barang-barang lain dalam jumlah yang cukup banyak. Konon, barang bawaan ini digunakan sebagai panjer atau pengikat.

3. Lamongan - Jawa Timur

 

Sama dengan beberapa daerah lain, di Lamongan dan beberapa daerah di pesisir pantai utara terdapat tradisi lamaran yang dilakukan oleh pihak perempuan ke pihak laki-laki.

Pada beberapa kejadian, pihak perempuan yang melamar pihak laki-laki akan membawa seserahan. Setelah dilamar, pihak laki-laki akan berkunjung ke rumah pihak perempuan untuk memberi jawaban.

 Ilustrasi

4. Trenggalek - Jawa Timur

Masyarakat Trenggalek, Jawa Timur, juga memiliki tradisi serupa. Di beberapa daerah, wanita adalah pihak yang akan melamar calon suami. Namun dengan catatan calon suami sudah meminta izin kepada orang tua calon istri jika ia ingin menikahi anaknya.

Jika sudah mendapat restu, pihak perempuan akan datang ke pihak pria dengan membawa seserahan. Beberapa hari setelahnya, pihak pira akan datang ke pria perempuan untuk menghitung weton dan menentukan tanggal pernikahan.

Demikian 4 daerah di indonesia yang memiliki tradisi di mana wanitanya meminang pria.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini